Menkeu Selandia Baru: Kondisi Perekonomian Lebih Baik dari yang Diproyeksi

Kompas.com - 20/07/2020, 16:12 WIB
Ilustrasi virus corona di Selandia Baru. ShutterstockIlustrasi virus corona di Selandia Baru.

WELLINGTON, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Selandia Baru Grant Robertson menilai, kinerja perekonomian Selandia Baru lebih baik dari yang diproyeksikan sebelumnya.

Hal tersebut didorong oleh respon baik untuk ekonomi dan kesehatan yang dilakukan secara cepat selama pandemi virus corona (Covid-19) terjadi.

Untuk mengantisipasi risiko gelombang kedua, pemerintah pun berencana menyisihkan anggaran sebesar 9,16 miliar dollar AS dari keseluruhan anggaran pemulihan dan respon Covid-19 yang telah dialokasikan sejak Mei lalu.

" Perekonomian berjalan lebih baik dari yang dibayangkan, dan jauh lebih terbuka jika dibandingkan dengan berbagai negara lain di dunia," ujar Robertson seperti dikutip dari Reuters, Senin (20/7/2020).

Baca juga: Selama Corona, Netflix Panen Pelanggan Baru

"Kami ingin mengelola utang seketat mungkin, dan menjaga agar selalu siap jika kondisi buruk terjadi," lanjut dia.

Robertson mengatakan, pemerintah tak lagi memertimbangkan untuk memberikan dana langsung tunai, atau memberikan uang tunai langsung kepada setiap individu sebagai bagian dari kebijakan sebagai stimmulus perekonomian. Sebelumnya, hal tersebut sempat didiskusikan oleh pemerintah setempat Mei lalu.

"Dalam waktu dekat, ya (stimulus tersebut tak lagi di bahas)," ujar dia.

Dengan 22 orang kematian dan 1.204 kasus positif Covid-19, Selandia Baru dianggap sebagai salah satu negara yang sukses menangani pandemi.

Terakhir kali negara itu mengumumkan transmisi lokal virus corona adalah 80 hari yang lalu. Kini, kasus aktif Covid-19 di Selandia baru sebanyak 26 orang, dan seluruhnya tengah dikarantina.

Meski telah membuka kegiatan ekonomi hingga tingkat sebelum pandemi terjadi, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern telah memperingatkan potensi gelombang II Covid-19 seperti yang dialami oleh negara lain di dunia.



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X