Daftar 10 Negara Penghasil Batu Bara Terbesar Dunia, RI Urutan Berapa?

Kompas.com - 20/07/2020, 18:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia masih sulit melepaskan ketergantungan pada energi fosil yang tak terbarukan, salah satunya yakni batu bara yang jadi sumber energi paling besar setelah minyak bumi.

Konsumsinya dari tahun ke tahun, bahkan cenderung terus mengalami peningkatan. Meski jadi tumpuan energi, batu bara menimbulkan dua masalah besar, polusi emisi karbon dan kerusakan lingkungan pasca-tambang.

Cadangan batu bara di sejumlah negara mulai menipis karena terus menerus ditambang. Sebagian negara lainnya, malah menggenjot produksi komoditas yang dikenal dengan emas hitam ini. Hal ini membuat posisi negara produsen di urutan teratas seringkali bergonta-ganti.

Berikut daftar 10 negara penghasil batu bara terbesar dunia per 2018 seperti dikutip dari International Energy Agency (IEA), Senin (20/7/2020):

Baca juga: 10 Negara Produsen Emas Terbesar Dunia, RI Urutan Berapa?

1. China

China adalah negara di urutan pertama sebagai penghasil batu bara terbesar sejagad. Negeri Tirai Bambu ini berada di urutan pertama selama beberapa dekade dan belum pernah tergeser hingga saat ini.

Produksi batu bara China setiap tahunnya mencapai 3,55 miliar ton. Meski jadi produsen terbesar, negara ini jadi salah satu langganan importir batu bara terbesar secara global. Ini karena konsumsi energi China juga sangat rakus.

2. India

India mencatatkan diri negara kedua penghasil batu bara terbesar dunia. Produksi batu bara di negara ini mencapai 771 juta ton. Negara ini masih sangat menggantungkan batu bara sebagai sumber energinya, terutama untuk pembangkit listrik.

3. Amerika Serikat

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.