Ini Kunci yang Harus Dilakukan Koperasi agar Bisa Menghadapi Revolusi 4.0

Kompas.com - 20/07/2020, 20:32 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Dok KEMENTERIAN KUKMMenteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Teten Masduki mengatakan, koperasi harus siap menghadapi revolusi industri 4.0.

Dia menuturkan, Indonesia akan menerapkan konsep revolusi industri 4.0 secara besar-besaran di tahun 2030 melalui program Making Indonesia 4.0.

"Revolusi 4.0 ini tentu akan berdampak pada koperasi dan dengan adanya revolusi 4.0 ini akan menjadi tantangan bagi koperasi di era digital. Untuk itu perlu bagi kita menyiapkan strategi agar koperasi bisa bertahan," ujarnya dalam diskusi virtual, Senin (20/7/2020).

Teten juga mengatakan kunci agar koperasi bisa menghadapi revolusi industri 4.0 adalah dengan membuat fokus pengembangan bisnis yang mengarah kepada anggota koperasi.

 

Baca juga: Menkop Minta Koperasi Pangan Masuk Skala Bisnis

Dengan begitu, kata dia, anggota koperasi bisa menjadi layanan prioritas yang harus dijaga kebutuhannya oleh koperasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, melakukan modernisasi manajemen koperasi juga perlu dilakukan. Apalagi, menurut dia, modernisasi sangat luas untuk melakukan perubahan-perubahan strategi.

"Memang modernisasi ini bisa sangat luas, dengan melakukan perubahan-perubahan strategi dan pola model bisnis yang berbasis teknologi informasi serta ilmu pengetahuan (sains) bisa kita dorong untuk dilakukan," katanya.

Ia pun juga juga meminta koperasi untuk melakukan berbagai kolaborasi agar bisa saling bersinergi. Menurutnya bersinergi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh koperasi agar bisa bertahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.