Kasus Covid-19 Meningkat, Harga Emas Terus Naik

Kompas.com - 21/07/2020, 07:36 WIB
Ilustrasi emas SHUTTERSTOCKIlustrasi emas

CHICAGO, KOMPAS.com - Harga emas melanjutkan penguatan pada akhir perdagangan Senin (20/7/2020) waktu setempat (Selasa pagi).

Kenaikan harga logam mulia ini didorong lonjakan kasus Covid-19 dan harapan untuk langkah-langkah peningkatan stimulus yang mendukung permintaan terhadap aset-aset safe-haven.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Agustus di divisi COMEX New York Mercantile Exchange, naik 7,4 dollar AS atau 0,41 persen, ditutup pada 1.817,40 dollar AS per ounce.

Baca juga: Kasus Covid-19 di AS Catat Rekor, Harga Emas Kembali Naik

Pada Jumat (17/7/2020), emas berjangka menguat 9,7 dolar AS, atau 0,54 persen, menjadi 1.810 dolar AS per ounce. Dalam sepekan emas naik 0,50 persen untuk minggu lalu, sekaligus naik untuk minggu keenam berturut-turut.

" Emas mendapatkan popularitas secara eksponensial sekarang, hanya karena semua aspek inflasi: kurva imbal hasil, pencetakan uang, kekhawatiran tentang ekonomi dan Covid," kata Michael Matousek, kepala pedagang di U.S. Global Investors.

"Ketika Anda melihat sesuatu (terjadi) di pasar bullish, Anda ingin membeli ketika turun. ... Anda memiliki banyak orang yang menargetkan level 1.825 dollar AS ; jika menembus di atasnya, itu bisa naik lebih tinggi," tambah dia.

Emas diperdagangkan di bawah puncak sepanjang masa 1.920,30 dollar AS per ounce pada September 2011, dengan harga terutama didorong oleh gelombang langkah-langkah stimulus moneter untuk melindungi dampak pandemi.

Tanda-tanda bahwa negara-negara Uni Eropa bersedia untuk berkompromi dengan rencana stimulus virus corona 1,8 triliun euro (dua triliun dollar AS), juga akan mempertahankan emas tetap didukung dengan baik.

Baca juga: 10 Negara Pemilik Emas Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Halaman:


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X