IHSG Berpotensi Menguat, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Kompas.com - 21/07/2020, 07:50 WIB
Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) hari ini diproyeksikan bergerak menguat setelah kemarin ditutup merah.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, IHSG berpotensi menguat terdorong sentimen positif uji coba vaksin Covid-19 yang dilakukan oleh Inggris.

“Indeks bisa menguat karena berita positif perkembangan vaksin asal Inggris yang menunjukkan respon kekebalan pada manusia dalam uji coba tahap awal. Uji coba sudah di tahap tiga, dan kalau memasuki tahap 4, vaksin bisa dipasarkan,” kata Hans kepada Kompas.com, Selasa (21/7/2020).

Baca juga: Pengaruh COVID-19 Terhadap Kinerja Saham: Studi Kasus China dan AS

Di sisi lain, berita mengenai konflik China dan AS, serta China dan Inggris menjadi sentimen negatif bagi pasar. Hal ini karena China menerapkan penangguhan terhadap ekstradisi Hong Kong.

Pasar juga saat ini sedang menunggu keputusan Uni Eropa terkait dengan peket stimulus paket senilai 750 miliar Euro yang setara dengan 857 miliar dollar AS. Hal ini juga menjadi perhatian pelaku pasar. Pasar bahkan menganggap jika stimulus keluar, maka pasar akan merespon positif.

Warga AS juga masih menanti stimulus lanjutan. Sebelumnya, stimulus yang ditandatangani oleh Presiden AS Donald Trump yang bernilai 2 triliun dollar AS pada awal tahun akan berakhir pada Juli 2020.

“Karena orang-orang diberikan 600 dollar AS per minggu, kini pasar berharap stimulus yang akan diberikan senilai 1 triliun sampai dengan 1,5 triliun. Jika lebih besar akan jadi sentimen positif pasar,” ungkap dia.

Hans memproyeksikan IHSG akan bergerak pada level support 5.031 sampai dengan 4.985 dan resistance pada level 5.100 sampai dengan 5.139.

Baca juga: IHSG Ditutup di Zona Merah

Adapun rekomendasi teknikal dari tiga perusahaan sekuritas untuk perdagangan di Bursa Efek Indonesia hari ini:

1. Artha Sekuritas

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X