Sitaan dari Penyelundup, 31.065 Benih Lobster Dilepasliarkan

Kompas.com - 21/07/2020, 12:38 WIB
Pelepasliaran 31.065 ekor benih bening lobster (Puerulus) hasil selundupan di perairan Gili Ketapang, Probolinggo, Jawa Timur. Dok. KKPPelepasliaran 31.065 ekor benih bening lobster (Puerulus) hasil selundupan di perairan Gili Ketapang, Probolinggo, Jawa Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Denpasar (BPSPL) melepasliarkan 31.065 ekor benih bening lobster (Puerulus) di perairan Gili Ketapang, Probolinggo, Jawa Timur.

Puluhan ribu benih bening lobster tersebut merupakan hasil sitaan dari penyelundupan yang digagalkan oleh AVSEC Bandara Juanda Surabaya.

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Dirjen PRL), Aryo Hanggono menyatakan, pelepasliaran dilakukan dalam rangka menjaga populasi lobster di alam agar tetap terjaga sehingga terhindar dari risiko kepunahan.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12/PERMEN-KP/2020, Ditjen PRL melalui Unit Pengelola Teknis (UPT) ditugaskan untuk menentukan lokasi dan tata cara pelepasliaran lobster,” ujar Aryo dalam keterangannya, Selasa (21/7/2020).

Baca juga: Perusahaannya Dapat Jatah Ekspor Benih Lobster, Hashim Djojohadikusumo Buka Suara

Sementara itu, Kepala BPSPL Denpasar Permana Yudiarso menerangkan, benih lobster yang dilepasliarkan terdiri dari 24.850 ekor jenis lobster pasir dan 6.215 ekor jenis lobster mutiara.

Menurutnya, pelepasliaran dilakukan di perairan Gili Ketapang karena karena sudah sesuai dengan Surat Rekomendasi Ditjen PRL Nomor : B.617/DJPRL/VII/2020 tanggal 07 Juli 2020 tentang Rekomendasi Lokasi Pelepasliaran Lobster.

Perairan Gili Ketapang, Probolinggo mempunyai kondisi perairan yang bersih serta terdapat ekosistem terumbu karang yang tumbuh baik sebagai habitat Lobster,” terang Yudi.

Sebelumnya, benih lobster yang dilepasliarkan ini dititipkan oleh AVSEC Bandara Juanda Surabaya kepada Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Surabaya I untuk mendapatkan penanganan khusus.

Pelepasliaran lobster dilakukan BPSPL Denpasar bersama BKIPM Surabaya I, Satwas SDKP Probolinggo, LANUDAL Juanda Surabaya, POLRES Sidoarjo dan Satpolair Polres Probolinggo.

Adapun pelepasliaran lobster di perairan Jawa Timur merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, KKP telah melakukan pelepasliaran benih lobster hasil penyelundupan yang digagalkan oleh Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwangi sebanyak 32.400 ekor di Perairan Bangsring, Banyuwangi, Jawa Timur.

Baca juga: Perusahaannya Dapat Jatah Ekspor Benih Lobster, Hashim Djojohadikusumo Buka Suara



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X