Memasuki Musim Kemarau, Wilmar Mitigasi Kebakaran Lahan

Kompas.com - 21/07/2020, 15:35 WIB
Antisipasi kebakaran oleh Wilmar Group dok WilmarAntisipasi kebakaran oleh Wilmar Group

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan perkebunan sawit, Wilmar Group melakukan upaya mitigasi kebakaran di sekitar wilayah operasi Sumatera Selatan dan Kalimantan Tengah dalam menghadapi musim kemarau tahun ini.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaanya kali ini dibarengi dengan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Kordinator Regional Sustainability Kalimantan Tengah Region, grup Wilmar, Sarimanah menuturkan kegiatan mitigasi di antaranya melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

“Sebagai gantinya, kami sosialisasi melalui papan pengumuman dan meningkatkan kewaspadaan serta koordinasi di internal,” ujar Sarimanah melalui keterangan resmi, Senin (20/7/2020).

Sarimanah mengatakan, Wilmar telah menyusun peta risiko kebakaran 2020 dengan memasukkan perimeter 2018 dan 2019. Pihaknya juga memastikan akses-akses menuju lokasi daerah yang diprediksi rawan kebakaran tersedia.

Wilmar juga telah membangun sistem peringatan dini melalui hotspot alert. Sistem tersebut mempercepat penyampaian informasi hotspot hingga ke unit-unit kebun. Sistem itu dikembangkan berbasis Geographic Information System sehingga mempermudah mendeteksi hotspot di lapangan.

Selain hotspot dan lokasi, sistem tersebut juga menginformasikan kondisi curah hujan.

“Kami telah menambah jumlah sumur bor. Jumlahnya tahun ini ditambah 36 unit dari sebelumnya 32 unit,” ujar dia.

Sementara itu, Kordinator Supervisor Environment Health Safety (EHS) and Sustainability di Wilmar Group Region Sumatera Selatan Ranto H Munthe menuturkan, pihaknya berupaya untuk meningkatkan kesiagaan dengan melengkapi sarana dan prasarana pemadaman kebakaran serta menyediakan embung buatan dan alami.

Ranto menambahkan, perusahaan juga menggandeng Dinas Perkebunan Provinsi dan Kabupaten serta melakukan evaluasi bersama Direktorat Jenderal Perkebunan dan Manggala Agni. “Kami akan meningkatkan kewaspadaan mulai Agustus dan September mendatang,” kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X