Program PEN, Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 12,05 Triliun

Kompas.com - 21/07/2020, 20:03 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. (Rafapress/SHUTTERSTOCK) Ilustrasi Bank Mandiri.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengatakan telah menyalurkan kredit sebesar Rp 12,05 triliun yang diberikan kepada debitur per 17 Juli 2020. Pemberian kredit tersebut dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Donsuwan Simatupang mengatakan, pihaknya yakin penyaluran kredit akan memiliki efek berantai yang besar.

"Baik karena mampu menyerap banyak tenaga kerja ataupun karena ikut mendukung pencapaian target ketahanan pangan nasional," ujarnya dalam konferensi pers bersama dengan Kemenkop UKM di Jakarta, Selasa (21/7/2020).

Baca juga: Ekspor Benih Lobster Sudah Legal, Penyelundupan Belum Surut

Donsuwan mengatakan Bank Mandiri menerapkan strategi pola jemput bola dengan memanfaatkan modernisasi sistem penginputan data calon debitur melalui aplikasi Mandiri Pintar.

Ia menyebut aplikasi Mandiri Pintar merupakan terobosan dalam hal digitalisasi pengajuan kredit mikro produktif, sehingga dapat memangkas proses administrasi dan keputusan kredit dapat diperoleh dalam waktu 15 menit sejak data debitur diinput ke sistem Mandiri Pintar.

"Aplikasi kredit berbasis smartphone (android) ini juga sangat praktis karena proses pengajuan dilakukan dimana saja dan kapan saja," kata Donsuwan.

Dalam penerapan aplikasi Mandiri Pintar, Bank Mandiri telah mengoptimalkan pelibatan lebih dari 6.700 tenaga pemasar (Mikro Kredit Sales/MKS) yang tersebar di seluruh Indonesia, untuk mendatangi debitur untuk memproses pengajuan kredit mikro produktif baru ataupun top up atas kredit mikro produktif eksisting.

Baca juga: Beli Hewan Kurban Bisa Pakai OVO, Ini Harganya



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X