Rupiah Menguat ke Rp 14.622 Per Dollar AS Pagi Ini

Kompas.com - 22/07/2020, 09:46 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Rabu (22/7/2020) kembali menguat.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.18 WIB rupiah berada pada level Rp 14.622 per dollar AS atau menguat tajam 118 poin (0,8 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.740 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan penguatan rupiah yang terjadi, karena sentimen positif yang datang dari kesepakatan stimulus Uni Eropa senilai 750 miliar euro.

Baca juga: 2 Pejabat KKP Mundur, Edhy Prabowo: Saya Pikir Itu Hak

“Tekanan mungkin bisa tertahan dengan sentimen positif ini, yang mengangkat harga aset-aset berisiko termasuk rupiah,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston menilai, kesepakatan ini bisa membantu pemulihan ekonomi. Belum lagi, stimulus yang memberikan likuiditas di pasar keuangan akan mendorong para pelaku pasar untuk berinvestasi pada aset berisiko yang menawarkan yield lebih tinggi.

Walau demikian, rupiah masih berpotensi melemah dengan sentimen negatif dari pernyataan presiden AS Donald Trump pagi ini terkait dengan krisis akibat pandemi Covid-19 yang semakin memburuk di AS.

“Kekhawatiran (penyebaran) virus Covid-19 yang terus meningkat di dunia juga masih menjadi penekan aset berisiko termasuk rupiah,” kata dia.

Ariston memproyeksikan rupiah akan bergerak pada kisaran Rp 14.850 per dollar AS sampai dengan Rp 14.650 per dollar AS.

Baca juga: IHSG Dibuka Pada Zona Hijau



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X