ESDM: Gas Dengan Bahan Baku Batu Bara Bisa Digunakan di Kompor Elpiji

Kompas.com - 22/07/2020, 16:10 WIB
Ilustrasi batu bara KOMPAS/ADI SUCIPTOIlustrasi batu bara

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah fokus melakukan pengembangan gasifikasi batu bara untuk menggantikan elpiji. Hasil uji coba menunjukan, gasifikasi atau dimethyl ether ( DME) dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga masyarakat.

Kepala Balitbang Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, gas dengan bahan baku campuran DME sebesar 20 persen dan elpiji sebesar 80 persen dapat digunakan kompor masak gas yang sudah digunakan masyarakat saat ini.

"Secara teknis kami bisa pastikan DME 20 persen dengan 80 persen elpiji ini bisa menggunakan kompor elpiji atau kompor eksisting," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (22/7/2020).

Baca juga: Pemerintah Dorong Penggunaan Batu Bara untuk Bahan Baku Gas, Mengapa?

Kendati demikian, Dadan mengakui, penggunaan gas campuran tersebut lebih boros dibandingkan gas murni elpiji. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, gas campuran membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih besar dibanding elpiji apabila menggunakan kompor gas peruntukan elpiji.

"Memang elpiji lebih sedikit mengkonsumsi bahan bakar dibanding DME," katanya.

Dadan menjabarkan, perbandingan nilai kalori DME dengan elpiji ialah sebesar 1 berbanding 1,6. Namun, dengan kandungan oksigen yang dimiliki DME, pembakaran menjadi lebih baik dibandingkan dengan elpiji, sehingga terjadi efisiensi penggunaan bahan bakar.

Terkait dengan harga gas DME, Dadan masih belum bisa memastikan, sebab harga bahan baku yang dibutuhkan masih terus bergerak. Namun, ia menyebutkan, harga gas dengan bahan baku batu bara tersebut akan lebih murah dibandingkan elpiji.

"Karena kandungan energinya lebih sedikit," ucapnya.

Sebagai informasi, Kementerian ESDM tengah fokus mengembangkan gasifikasi. Salah satu alasan utamanya ialah untuk menekan laju impor elpiji yang terus tumbuh setiap tahunnya.

Baca juga: Daftar 10 Negara Penghasil Batu Bara Terbesar Dunia, RI Urutan Berapa?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X