Bos AP I: Pergerakan Penumpang Baru 17 Persen Kondisi Normal

Kompas.com - 22/07/2020, 18:13 WIB
Sunset di Bandara Ngurah Rai Shutterstock/I Gede Arya Wisnu KarsanaSunset di Bandara Ngurah Rai

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki periode tatanan normal baru atau new normal, kinerja industri penerbangan kembali mengalami pertumbuhan setelah mengalami pukulan telak akibat berbagai kebijakan pembatasan transportasi.

Kendati demikian, pertumbuhan tersebut masih belum signifikan.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi, mengatakan, sampai dengan 19 Juli 2020, pergerakan pesawat di bandara kelolaan mencapai 45 persen dari kondisi normal. Sementara, lalu lalang penumpang baru mencapai 17 persen.

Baca juga: Penerbangan Mulai Bergairah, AirAsia Jual 19.000 Kursi dalam Sebulan

"Dari hasil monitoring kita sampai 19 Juli, rata-rata penerbangan sudah sekitar 45 persen dari normal. Namun penumpang baru sekitar 17 persen dari kondisi normal," katanya, dalam Webinar Transportasi Publik dan Geliat Ekonomi Pada Masa Pandemi, Rabu (22/7/2020).

Angka tersebut jauh lebih baik dibandingkan realisasi pada Mei lalu.

Faik menyebutkan, pada kondisi normal, 15 bandara yang dikelola AP I rata-rata melayani 7,5 juta setiap bulannya.

Namun, akibat adanya pembatasan transportasi, pada Mei 2020, bandara kelolaan AP I hanya melayani 75.000 penumpang selama satu bulan.

"Bisa dibayangkan, hampir 99 persen traffic kita menurun cukup signifikan," ujarnya.

Baca juga: Berangsur Pulih, Bandara Soetta Layani 400 Penerbangan Per Hari

Oleh karenanya, untuk mengatasi hal tersebut, Faik menekankan pentingnya kerja sama antar seluruh pihak terkait. Khususnya dalam rangka pembahasan operasional selama periode new normal.

Menurutnya, selama transportasi udara kembali beroperasi di tengah pandemi Covid-19, keselamatan penumpang menjadi aspek yang paling penting untuk dijaga.

"Kita juga harus menyadari, bahwa, pertama kita belum tahu kapan Covid secara pasti akan selesai," katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X