Sampoerna Donasi Mesin PCR Lengkap Siap Pakai untuk Warga Jatim

Kompas.com - 22/07/2020, 19:14 WIB
Ilustrasi virus corona (Covid-19) SHUTERSTOCKIlustrasi virus corona (Covid-19)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) mendonasikan satu set mesin PCRmax Eco-48 beserta seluruh kelengkapannya dan alat pelindung diri (APD) full set kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Bantuan yang diberikan bekerja sama dengan Yayasan Stapa Center tersebut adalah dukungan untuk mempercepat proses deteksi warga yang diduga terpapar virus Covid-19.

Direktur Sampoerna Elvira Lianita mengatakan, mesin PCRmax ini memiliki 48 kapasitas pemeriksaan sampel dan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mengetahui hasilnya.

Baca juga: Tangani Covid-19, Sampoerna Donasi Mesin PCR ke Pemkot Surabaya

Sehingga dalam satu hari, mesin ini dapat memeriksa banyak sampel dengan waktu yang relatif lebih singkat.

"Harapannya dengan penyerahan mesin PCR tersebut, Pemerintah Provinsi dapat menambah kapasitas pengujian sampel Covid-19 kepada masyarakat Jatim dan membantu percepatan penanganan,” ujar Elvira dalam keterangan tertulis, Rabu (22/7/2020).

Elvira juga menambahkan, Yayasan Stapa Center, yang merupakan mitra tanggung jawab sosial perusahaan, akan berkoordinasi dengan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BPTKL) untuk melatih dan membantu instalasi mesin tersebut.

"Dengan demikian, alat ini bisa segera dioperasikan oleh tenaga medis dan dimanfaatkan bagi masyarakat di Jawa Timur," ucap Elvira.

Baca juga: Sampoerna Sumbang APD dan Ventilator ke Pemkab Karawang

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan, pihaknya akan mengirim alat PCRmax dari Sampoerna ke RS Jiwa Menur Surabaya yang merupakan salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 di Jawa Timur.

Mesin PCR ini akan menambah fasilitas rumah sakit yang bisa melakukan pemeriksaan tes swab. Sebab, selama ini baru terdapat dua rumah sakit yang memiliki alat pemeriksaan hasil swab, yaitu RSU dr Soetomo dan RS Universitas Airlangga (RSUA).

Dengan bantuan ini, total jumlah mesin PCR di Jatim menjadi 28 unit.

“PCRmax ini langsung siap pakai dan mungkin nanti tim dari RSU dr Soetomo akan memberikan briefing atau training kepada tim dari RSJ Menur,” ucap Khofifah.

Khofifah mengimbau agar masyarakat bisa segera melakukan tes swab jika mengalami gejala-gejala klinis yang mengarah pada Covid-19, sehingga dapat dengan cepat dilakukan penanganan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X