Wisata Dibuka Bertahap, Kawasan Ini Bakal Dipenuhi Turis Domestik

Kompas.com - 22/07/2020, 20:14 WIB
Kendaraan pribadi memadati kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat KOMPAS.com/AFDHALUL IKHSANKendaraan pribadi memadati kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan, dengan dibukanya tempat wisata secara bertahap, terdapat beberapa lokasi wisata di Indonesia bakal dipenuhi wisatawan domestik.

"Jakarta, Sentul, Puncak, Surabaya, daerah sekitar Banyuwangi dan Bromo. Banyuwangi ini akan menjadi kunjungan banyak Pak Bupati, begitu juga Bromo," ucapnya dalam sebuah diskusi virtual, Rabu (22/7/2020).

Luhut mengatakan, untuk mewujudkan pariwisata yang berkualitas, Indonesia memiliki berbagai daya tarik yang berpotensi untuk dijadikan destinasi yang berkualitas bagi turis. Seperti Geopark, Taman Nasional, dan Wisata Bahari.

Baca juga: Kemenhub Dorong Perjalanan Dinas ke Destinasi Wisata

Selain itu, sejumlah langkah telah dilakukan oleh pemerintah untuk memulai pembangunan destinasi berkualitas.

Misalnya, lanjut Luhut, dana sebesar Rp 3,8 triliun diperuntukkan bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Pemerintah juga berupaya memantik pergerakkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui penyerapan anggaran belanja pemerintah," katanya.

Selama masa pandemi virus corona (Covid-19), Luhut melihat ada tren perubahan cara para wisatawan akan berwisata. Perubahan itu adalah dari wisata massal ke wisata yang lebih berkualitas.

Selain itu, tren juga menunjukkan bahwa wisatawan domestik akan melakukan kunjungan ke kota penyangga yang memiliki alam yang indah dan bersih.

Baca juga: Wisata Konservasi, Luhut: Secara Bertahap Akan Buka, Mungkin Juli atau Akhir Juni...

Mantan Komandan Satgas Tempur Koppasus ini dalam webinar juga mengungkapkan rasa senangnya. Sebab, mulai 31 Juli 2020, Bali akan mulai perdana mengoperasionalkan tempat wisatanya.

"Karena saya senang, sudah ada daerah yang mulai membuka secara bertahap pariwisatanya. Misalnya Bali, nanti tanggal 30 (Juli) sore mereka akan membuka untuk turis domestik. Saya juga berupaya untuk hadir di kesempatan itu," ucapnya.

Tak lupa dirinya mengingatkan kepada pemerintah daerah agar terus menggaungkan penerapan protokol kesehatan ketika berwisata selama masa pandemi corona.

"Saya mohon pemerintah daerah menjamin keselamatan pekerja wisata dan masyarakat sekitar. Dan betul-betul mohon pemerintah daerah sekali lagi agar mengingatkan rakyatnya untuk mematuhi protokol kesehatan," pintanya.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X