Bicara soal Kurban Online, Yuk...

Kompas.com - 22/07/2020, 20:34 WIB
K-Talk Kurban Online Aman dan Nyaman di Masa Pandemi, Jumat (24/7/2020) pukul 15.30 WIB. KOMPAS.com/NOVANDA PRAYOGAK-Talk Kurban Online Aman dan Nyaman di Masa Pandemi, Jumat (24/7/2020) pukul 15.30 WIB.

PANDEMI Covid-19 memang belum usai. Namun, ibadah utama seperti kurban tak semestinya terkendala juga oleh kondisi yang tak pernah dikehendaki ini.

Tentu, ada hal yang akan berbeda. Shalat Idul Fitri saja tidak digelar di lapangan. Situasi yang sama sangat mungkin terjadi untuk Idul Adha termasuk untuk ibadah kurban.

Beragam upaya mencegah dan menekan penularan lebih lanjut Covid-19 merambah segala lini, tak terkecuali ibadah. Mengurangi kerumunan dan interaksi sampai ke batas aman sesuai protokol kesehatan adalah caranya.

Namun, bukan berarti ibadah lalu tak dilakukan juga, bukan? Lagi-lagi, ada inovasi dalam aneka ranah kehidupan, apalagi di tengah pandemi seperti ini.

Bicara ibadah kurban, inovasi bahkan sudah lebih dulu ada sebelum pandemi seperti sekarang terjadi. Mengapa? Pertimbangan aspek sosial dan manfaat sejak awal adalah bagian dari jiwa ibadah kurban.

Dalam perkembangannya, pendapat bahwa ada penerima yang lebih membutuhkan di tempat lain daripada di lokasi pekurban pun menguat dan mewujud jadi inovasi yang lain lagi.

Bentuknya? Kurban online. Apa lagi nih?

Jangan dibayangkan seperti rapat online lewat aplikasi yang menggantikan rapat di satu meja secara fisik ya....

Kurban online aman dan nyaman

Sederhananya, kurban online adalah membeli hewan kurban secara online, pakai aplikasi atau lewat situs web penyedia. Sebentar, ini belum selesai di sini.

Inovasi yang lebih jauh lagi, hewan kurban yang dibeli pun tidak lalu dikirim ke rumah atau lokasi yang diminta pekurban. Alih-alih, hewan kurban itu dikirim ke wilayah nun jauh dari lokasi pekurban.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X