Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaji Ke-13 Cair Agustus, Perusahaan Ini Diprediksi Ketiban Untung

Kompas.com - 23/07/2020, 19:01 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan segera membayar gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Agustus 2020 dengan total nilai Rp 28,5 triliun. Pencairan gaji ke-13 ini akan berdampak pada naiknya daya beli masyarakat.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Ardiastama melihat pencairan gaji ke-13 berpotensi mengerek sektor konsumsi dan perdagangan retail.

"Namun, menurut kami perdagangan retail berpotensi lebih besar terdampak dari gaji ke -13 tersebut,” ujar Okie kepada Kontan.co.id, Kamis (23/7/2020).

Baca juga: Susi Pudjiastuti: Mohon Maaf, Saya Anti Perdagangan Pakai Kuota

Menurut Okie, saham-saham yang bisa dicermati investor antara lain PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS), PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

Menurut dia, saat ini sentimen dari gaji ke-13 mungkin dapat menjadi pengganti momen Idul Fitri (lebaran) yang memang pada tahun ini memang tidak terjadi kenaikan signifikan bagi emiten di sektor tersebut.

Okie merekomendasikan investor agar dapat mempertimbangkan saham-saham perusahaan tersebut dalam jangka waktu pendek maupun menengah.

Baca juga: Banyak Bandara Lakukan Penyesuaian Jam Operasional, Ini Daftarnya

“Investor bisa masuk dengan memanfaatkan momentum koreksi. Pembelian bertahap saja,” ujar Okie.

Pada perdagangan hari ini, saham RALS dan MAPI kompak terkoreksi masing-masing sebesar 0,87 persen dan 0,71 persen, ke level Rp 570 dan Rp 695. Sementara ACES menguat 1,85 persen ke level Rp 1.655 dan saham ICBP menguat 0,27 persen ke level Rp 9.400 per saham. (Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Herlina Kartika Dewi)

Baca juga: Sri Mulyani Minta Perbankan Syariah Waspada, Ada Apa?

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Gaji ke-13 segera cair, emiten berikut diprediksi ketiban untung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com