Kompas.com - 24/07/2020, 10:04 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Jumat (24/7/2020) kembali menguat.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.14 WIB rupiah berada pada level Rp 14.526 per dollar AS. Rupiah menguat 54 poin atau 0,37 persen dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.580 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, penguatan rupiah terdorong kekhawatiran pasar terhadap kenaikan kasus Covid-19, serta potensi memburuknya hubungan AS dan China yang bisa menekan laju pemulihan ekonomi AS.

Baca juga: Menguat, Berikut Kurs Rupiah Hari Ini di 5 Bank

“Pagi ini, dollar AS masih menunjukkan pelemahan terhadap mata uang emerging markets dan juga terhadap mata uang utama dunia,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston mengatakan, memanasnya hubungan AS dengan China karena isu penutupan konsulat China di Houston membuat tekanan pada nilai tukar dollar terhadap mata uang lainnya. Konflik ini juga dikhawatirkan bisa merembet ke masalah ekonomi, dan merugikan AS.

“Rupiah bisa melanjutkan penguatan karena hal tersebut,” tambah dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.500 per dollar AS sampai dengan Rp 14.650 per dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.