Kena PHK? Begini Caranya agar Tetap Bertahan

Kompas.com - 24/07/2020, 11:14 WIB
Ilustrasi PHK akibat Covid-19 Shutterstock/Blue Planet StudioIlustrasi PHK akibat Covid-19

NEW YORK, KOMPAS.com - Mewabahnya virus corona (Covid-19) mengganggu perekonomian global, hingga berdampak pada kinerja perusahaan di seluruh dunia. 

Sehingga, demi memangkas biaya dan tetap bertahan di tengah bisnis yang lesu, banyak perusahaan di seluruh dunia melakukan pemutusan hubungan kerja ( PHK) terhadap para pegawainya. 

Jika Anda merupakan salah satu korban PHK, tentu ini berdampak pada kehidupan Anda dan keluarga,  termasuk di dalamnya kondisi keuangan. Namun, tentu saja Anda harus bertahan di tengah kondisi yang sulit ini. 

Baca juga: Indonesia Terancam Resesi, PHK dan Kemiskinan Bakal Meningkat

Dilansir dari US News, Jumat (24/7/2020), berikut adalah langkah demi langkah yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda bertahan setelah terdampak PHK.

Langkah-langkah tersebut bisa menavigasi kehidupan Anda selama beberapa minggu ke depan. 

1. Minggu Pertama

Tentu pada awalnya Anda merasa kaget dan cemas ketika menerima kabar bahwa Anda terkena PHK. Rasa emosi pun bisa tumbuh. 

Untuk itu, sebelum Anda melakukan apapun, luangkan waktu Anda untuk mengendalikan emosi Anda dan renungkan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dan pikirkan tentang informasi apa yang Anda butuhkan untuk mengurangi luapan emosi.

  • Kenapa ini terjadi? Dalam kebanyakan kasus, ini tidak ada hubungannya dengan kinerja Anda. Ada ribuan karyawan lain yang juga kehilangan pekerjaannya, bukan cuma Anda.
  • Kenapa Anda marah? Anda berhak marah, tetapi jangan biarkan amarah menguasai Anda.
  • Kenapa Anda sedih? Jika Anda merindukan rekan kerja Anda, Anda dapat mengirimkan e-mail, mengirim pesan teks, atau menelepon mereka. 

Selain itu di minggu pertama ini, ada beberapa langkah awal yang bisa Anda lakukan.

Pertama, beritahu pasangan, mitra dan keluarga Anda. Lakukan diskusi terbuka dengan pasangan dan keluarga, termasuk anak-anak Anda.

Jelaskan fakta-fakta mengenai PHK yang dilakukan perusahaan dan berbicaralah secara jujur.

Baca juga: Menaker: Banyak Perusahaan Tidak Laporkan PHK

Kemudian, susun ulang anggaran keluarga Anda. Pangkas pengeluaran yang tidak perlu, sehingga Anda dapat mengelola keuangan dengan lebih efektif dan efisien. 

Tanyakan juga ke setiap anggota keluarga terkait apa yang bisa mereka lakukan untuk memangkas pengeluaran. 

2. Minggu Kedua

Setelah berhasil melewati minggu pertama dengan melakukan langkah-langkah awal, Anda bisa kembali melanjutkannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut. 

Pertama, buat jadwal. Membuat agenda harian secara rutin bisa mendorong Anda dari kegalauan Anda karena telah diberhentikan.

Agenda rutin bisa membantu Anda mengarahkan aktivitas apa saja yang Anda akan lakukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber US News
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X