Hingga Juni, Bank Mandiri Salurkan KUR Rp 7,03 Triliun ke 84.500 Nasabah

Kompas.com - 24/07/2020, 17:28 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. (Rafapress/SHUTTERSTOCK) Ilustrasi Bank Mandiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat ( KUR) bersubsidi kepada 84.500 debitur dengan nominal mencapai Rp 7,03 triliun.

Penyaluran KUR tersebut dilakukan pada periode Januari - Juni 2020 dengan capaian target sebesar 39,7 persen sepanjang 2020.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan mengatakan, sekitar Rp 4,31 triliun atau 61,23 persen telah disalurkan ke sektor produksi yang meliputi sub-sektor pertanian, perikanan, industri pengolahan, pertambangan, jasa produksi dan pariwisata.

"Penyaluran KUR ke sektor produksi akan terus ditingkatkan mengingat sektor ini menjadi tumpuan hidup sebagian besar masyarakat Indonesia, sekaligus menjadi roda penggerak perekonomian nasional," kata Rully dalam keterangan pers, Jumat (24/7/2020).

Baca juga: Program PEN, Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 12,05 Triliun

Rully menuturkan, Bank Mandiri bakal terus menyalurkan KUR dengan cepat dan tepat sasaran. Terutama beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai menerapkan pelonggaran kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Pelonggaran ini akan mulai meningkatkan aktivitas para pelaku usaha mikro, kecil dan menegah (UMKM) serta usaha produktif lainnya. Masyarakat akan membutuhkan fasilitas permodalan untuk mengembangkan usaha yang dimiliki.

Dia bilang, ada beragam strategi yang diterapkan, salah satunya melalui aplikasi pinjaman bank Mandiri, yakni Mandiri Pintar.

"Di Mandiri pintar, proses kredit cepat yaitu hanya 15 menit setelah tenaga pemasar menginput data debitur ke sistem Mandiri Pintar," ujar Rully.

Baca juga: Bank Mandiri Taspen Donasi APD ke RS Hasan Sadikin Bandung

Inisiatif lain adalah dengan memperluas skema-skema produk pembiayaan di sektor produksi. Di sektor pertanian misalnya, pihak bank akan menyesuaikan dengan kebutuhan masa tanam di mana pokok dan bunga dibayarkan pada saat panen.

Kolaborasi dengan platform digital lain seperti e-commerce dan pinjol juga terus digenjot.

“Kami optimistis, berbagai strategi dan inisiatif yang kami kembangkan ini akan mengakselerasi penyaluran KUR Bank Mandiri,” pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X