Harga Emas Kian Menyilaukan, Bisa Tembus 2.000 Dollar AS Per Ons Troi

Kompas.com - 25/07/2020, 08:10 WIB
Ilustrasi emas SHUTTERSTOCKIlustrasi emas

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin mendekati level 1.900 dollar AS per ons troi, harga emas spot diyakini mampu menyentuh rekor baru tahun ini di atas 2.000 dollar AS per ons troi. Mengutip Bloomberg, harga emas spot pada perdagangan Jumat (24/7/2020) pukul 17.44 WIB berada di level 1.890,74 dollar AS per ons troi atau naik 0,17 persen.

Presiden Komisioner HFX International Berjangka Sutopo Widodo mengatakan, harga tinggi sempat disentuh emas spot pada 2011 di level 1.921 dollar AS per ons troi. Sementara itu, harga emas pekan ini sedang berjalan di harga 1.898 dollar AS per ons troi (+/- 1.900 dollar AS per ons troi).

"Secara teknis, pergerakan harga emas belum memperlihatkan penurunan minat beli, adapun pola teknis emas lebih menggambarkan pola cup yang signifikan valid sebagai kenaikan harga untuk jangka panjang," jelas Sutopo kepada Kontan, Jumat (24/7/2020).

Baca juga: Investasi Emas Digital Masih Diminati, Pakar Keamanan Siber Ingatkan Ini

Adapun untuk level psikologis harga emas ke depan berada pada angka bulat 2.000 dollar AS per ons troi. Kemungkinannya, harga akan mencoba menyamakan posisi tinggi rekor 2011. Meskipun begitu, tetap ada kemungkinan koreksi pada level resistance.

Sutopo menambahkan, bahwa sedikit banyak dari investor mestinya akan melakukan taking profit (aksi ambil untung) pada level ini. Investor akan memulai pembelian kembali setelah terjadi koreksi, minimal sepertiga di dekat kisaran 1.800 dollar AS per ons troi, untuk melanjutkan kenaikan tahun ini.

"Melihat perkembangan gold beberapa hari terakhir, ada kemungkinan tembus US$ 2.000 per ons troi jika harga tertinggi 2011 yakni 1.921dollar AS per ons troi bisa dijebol," jelasnya.

Baca juga: [POPULER MONEY] Soal Ribuan Orang Titipan BUMN | Heboh APBN Mengalir ke Rekening Pribadi

Apalagi, pengaruh dari indeks dollar AS yang cenderung tertekan bakal menjadi sentimen positif bagi logam mulia tersebut.

Belum lagi, kekhawatiran pasar akan terjadinya resesi global turut mempengaruhi sentimen pergerakan emas, dimana resesi sudah berdampak di beberapa negara.

Bahkan, Sutopo menilai Indonesia saat ini sudah memasuki tahap resesi di kuartal II-2020.

Harapannya, tekanan resesi bakal mereda di kuartal III-2020, dengan bertambahnya kasus Covid-19 pemerintah terus bekerja ekstra dan mengalihkan banyak program pemerintah demi bisa meluncurkan stimulus menghadapi pandemi tersebut. (Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Tendi Mahadi)

Baca juga: Saling Sindir Kubu Edhy Vs Susi Soal Ekspor Benih Lobster

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Makin menyilaukan, harga emas bisa tembus US$ 2.000 per ons troi



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X