Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide-ide Bisnis yang Bisa Dicoba Saat Pandemi Covid-19

Kompas.com - 25/07/2020, 17:01 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona baru menyebabkan banyak sekali perubahan dalam kehidupan manusia. Tapi, tak sedikit yang memulai bisnis saat pandemi.

Salah satu dampak pandemi virus corona adalah banyak yang kehilangan pekerjaan. Jika Anda juga mengalami hal itu, inilah saatnya memulai bisnis saat pandemi.

Bisnis saat pandemi tak hanya Anda lakukan untuk mendapatkan uang, lo. Lebih dari itu, Anda bisa melatih diri untuk tetap bertahan di segala kondisi.

Melansir Hashmicro.com, ada beberapa ide bisnis saat pandemi yang bisa Anda coba:

Baca juga: Ini Alasan Adian Napitupulu Sebut 6.200 Komisaris dan Direksi BUMN Orang Titipan

Bisnis kuliner

Imbauan untuk tetap berada di rumah di tengah pandemi harus semua orang patuhi. Nah, semua kegiatan yang beralih ke rumah, seperti bekerja atau sekolah, membuat sebagian orang kewalahan untuk membuat makanan.

Hasmicro.com menyebutkan, peluang tersebut bisa Anda gunakan untuk mulai bisnis saat pandemi di bidang kuliner. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, mulai menyediakan masakan rumah hingga kue atau minumana ringan.

Online shop

Selain kuliner, bisnis saat pandemi lainnya yang tepat untuk Anda mulai adalah online shop. Ada banyak produk yang bisa Anda jual.

Namun, Hashmicro.com merekomendasikan, agar Anda menjual barang-barang yang banyak orang butuhkan selama pandemi virus corona. Mulai masker hingga obat-obatan dan vitamin.

Baca juga: Cocok untuk Para Sultan, Resor Mewah Ini Dilelang Rp 950 Miliar

Anda tak perlu pusing memikirkan online shop seperti apa yang harus Anda buat. Anda bisa menggunakan berbagai macam marketplace sesuai keinginan. Promosi pun bisa Anda lakukan dengan mudah, menggunakan media sosial.

Menjadi freelancer

Bisnis saat pandemi juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan skill Anda, lo. Jika Anda memiliki kemampuan digital marketing, web design, atau keahlian lainnya, jangan ragu untuk mulai bekerja sebagai freelancer.

Ada banyak situs yang menyediakan berbagai macam proyek sesuai dengan skill Anda. Jadi, hanya perlu mencari proyek mana yang bisa Anda kerjakan dan mendatangkan uang.

Baca juga: Akhir Pekan Ini Harga Emas Antam Naik Rp 5.000

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com