KILAS

Petani di Tulangbawang Berharap Pemerintah Kembali Gulirkan Bantuan Alsintan

Kompas.com - 25/07/2020, 21:16 WIB
Alat mesin pertanian (alsintan).
Dok. KementanAlat mesin pertanian (alsintan).

KOMPAS.com - Para petani di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Lampung, telah merasakan peningkatan produksi pertanian setelah menggunakan alat mesin pertanian ( alsintan) dari Kementerian Pertanian Prasarana dan Sarana Pertanian (Kementan PSP). 

Oleh sebab itu, petani di kecamatan tersebut berharap pemerintah melalui Kementan PSP dapat kembali menggulirkan bantuan alsintan untuk menghadapi musim tanam tahun ini. 

Salah satunya Kardi (48), petani asal Tirtakencana, Kecamatan Tuba Tengah, Tubaba yang telah menyadari manfaat penggunaan alsintan jenis hand traktor  dalam proses pengolahan lahan pertaniannya.

"Hal ini (bantuan hand traktor-red) merupakan upaya baik.  Kami berharap, ke depannya pemerintah kembali menggulirkan bantuan itu karena masih ada kelompok tani (poktan) yang belum mendapatkannya,” kata Kardi.

Senada dengan Kardi, petani lainnya Sarno (45) juga mengatakan, keberadaan hand traktor di setiap poktan juga mampu menghidupkan poktan. Namun, menurutnya agar produktivitas merata pengelolaan alsintan yang diberikan harus dilakukan dengan baik juga. 

Baca juga: Cegah Krisis Pangan, Mentan Imbau Petani Lakukan Percepatan Tanam dengan Alsintan

“Tapi setelah mesin bajak ini diterima poktan, harus dikelola dengan benar. Jangan sampai menguntungkan pihak-pihak tertentu saja, sebab hal ini menyangkut kepentingan para petani dalam usaha pertaniannya,” kata Sarno.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pun membenarkan perkataan Kardi dan Sarno. Menurutnya, alsintan memang memiliki peran penting dalam mendukung pemenuhan produksi pertanian.

“Produksi pertanian tidak bisa berhenti, sebab kebutuhan pangan harus terus dipenuhi. Oleh sebab itu, kita harus terus meningkatkan produktivitas dengan memaksimalkan alsintan,” kata Syahrul, Sabtu (25/7/2020) dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy, juga menegaskan hal yang sama dengan Syahrul.

Baca juga: Targetkan Swasembada Pangan, Kementan Salurkan 447.047 Unit Alsintan

“Penggunaan alsintan mutlak diperlukan petani karena alsintan dapat mempercepat dan meningkatkan mutu pengolahan tanah, meningkatkan indeks pertanaman, serta mengurangi losses,” kata Sarwo.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X