Begini Cara Siapkan Dana Pendidikan Anak dengan Tabungan Emas

Kompas.com - 26/07/2020, 12:23 WIB
Ilustrasi dana pendidikan Thinkstockphotos.comIlustrasi dana pendidikan

JAKARTA, KOMPAS.com - Biaya pendidikan kini tak bisa dibilang murah. Setiap orang tua pastinya akan berusaha keras untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya, mulai dari pendidikan tingkat TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

Oleh karenanya, dana pendidikan anak harus dipersiapkan sejak dini agar uangnya tercukupi sebab biaya pendidikan selalu menunjukkan tren kenaikan.

Menyikapi biaya pendidikan di masa depan, Anda tak perlu panik. Milikilah strategi yang mudah dilakukan dan tepat sasaran dalam menyiapkan dana pendidikan.

Baca juga: Siapkan Dana Pendidikan Anak Bisa dengan Berbagai Jenis Investasi ini

Salah satu caranya adalah melalui tabungan emas. Tabungan emas merupakan cara praktis menabung sekaligus investasi dalam bentuk aset berupa emas.

Emas cocok digunakan sebagai tabungan dana pendidikan karena emas tergolong dalam kategori investasi yang rendah risiko, likuid dengan tren kenaikan harga yang stabil.

Secara umum, proyeksi kenaikan harga emas per tahun yakni sekitar 8-15 persen. Investasi yang satu ini diproyeksikan mampu mengimbangi biaya pendidikan yang rata-rata mengalami kenaikan sekitar 10 persen setiap tahunnya.

Lalu bagaimana strategi nabung emas yang aman untuk tujuan dana sekolah di masa depan? Simak tips praktisnya, seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (26/7/2020).

1. Tentukan Tipe Tabungan Emas

Untuk tujuan tabungan dana pendidikan, sangat disarankan Anda memilih jenis investasi emas berupa logam mulia (LM) atau emas batangan, bukan emas perhiasan.

Kemudian, pahami bahwa ada dua tipe tabungan emas LM, yaitu menabung dalam bentuk emas fisik (cetak) atau dalam bentuk emas virtual (bentuk fisiknya disimpan atau dititipkan dan di cetak sesuai permintaan).

Pastikan Anda memilih tipe tabungan emas yang sesuai dengan kebutuhan. Artinya, jika Anda termasuk orang yang lebih percaya dan nyaman menyimpan emas dalam bentuk fisik, maka Anda bisa memilih tabungan emas berupa kepingan atau batangan logam mulia.

Namun jika Anda termasuk orang yang praktis, dan ingin menghindari risiko kehilangan emas saat di simpan, maka solusinya Anda bisa memilih tabungan emas dalam bentuk virtual.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X