Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Mentan Puji Sinergi Pemkab Simeulue dan TNI dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan

Kompas.com - 27/07/2020, 08:23 WIB
Maria Arimbi Haryas Prabawanti,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan ketahanan pangan di Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

Pertanyaan Mentan itu terkait dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semeuleu terhadap kegiatan pangan di sana. Pemkab setempat menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) jenis traktor roda 4 yang bisa digunakan untuk mengolah tanah.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Simeulue, Erli Hasim kepada Komandan Kodim (Dandim) 011 5 Simeulue Letnan Kolonel Infantri Yogi Bahtiar di Blang Lapungan Desa Nesrehe, Kecamatan Salang, Sabtu, (25/07/2020).

Penyerahan bantuan tersebut juga ditandai dengan pengolahan lahan tanah tanam padi seluas 1.000 hektar (ha) yang merupakan kegiatan launching ketahanan pangan di Simeulue. 

Baca juga: Mentan SYL Minta Petani Ikuti Perkembangan Teknologi di Era 4.0

"Itu bisa menjadi kunci untuk memajukan sektor pertanian, terlebih pertanian di Simeulue dilakukan dengan modern, yaitu menggunakan alsintan,” ujar Mentan SYL, seperti dalam keterangan tertulisnya Minggu (26/07/2020).

Pada kesempatan itu Mentan SYL memuji sinergi pemerintah daerah setempat dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mewujudkan ketahanan pangan di Simeulue.

"Sinergi Pemkab dan Kodim untuk mendukung ketahanan pangan, juga dilakukan dengan memanfaatkan lahan tidur," sambungnya.

SYL menuturkan, dalam hal ini, TNI Angkatan Darat (AD) khususnya Kodim 01 1 5 Simeulue sebagai satuan teritorial memberikan pendampingan kepada para petani dengan cara bercocok tanam dan memanfaatkan lahan dengan sebaik mungkin.

Baca juga: Terkait Program ATM Pertanian Si Komandan, Mentan SYL Apresiasi KSAD

Senada dengan SYL,  Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy menilai, Kabupaten Simeulue sudah menuju ke pertanian modern.

“Ciri pertanian yang modern itu adalah menggunakan alat dan mesin pertanian untuk menunjung produktivitas," kata Edhy seperti dalam keterangan tertulisnya.

Edhy menilai alsintan bisa membuat waktu pengolahan lahan lebih jauh singkat dan tentunya lebih ekonomis.

"Dengan modernisasi, petani bisa lebih mandiri, dan pertanian akan semakin maju," jelas Sarwo Edhy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com