Harga Emas Capai Rekor Tertinggi Sepanjang Masa

Kompas.com - 27/07/2020, 11:14 WIB
Ilustrasi emas SHUTTERSTOCKIlustrasi emas
|

TOKYO, KOMPAS.com - Harga emas mencapai level tertinggi sepanjang masa pada Senin (27/7/2020).

Harga emas naik 1 persen ke rekor tertinggi menjadi 1.920,9 dollar AS per ons troi. Harga ini melampaui puncak yang sempat disentuh pada September 2011.

Tingginya harga emas dipengaruhi oleh ketegangan yang semakin menjadi-jadi antara AS dengan China. Ketegangan ini mengguncang investor dan meningkatkan daya tarik aset-aset safe haven yang utamanya tak terikat pada negara tertentu.

Baca juga: Viral Foto Setruk Tol Ditambah Denda Tilang, Operator: Hoaks!

Meningginya logam kuning juga dibantu oleh pelonggaran moneter agresif yang diadopsi oleh bank-bank sentral di seluruh dunia sejak pandemi Covid-19 menjerumuskan ekonomi global ke dalam resesi.

Beberapa investor khawatir tingkat pencetakan uang yang dianut sejumlah negara pada akhirnya dapat menyebabkan inflasi.

Mengutip Reuters, Senin (27/7/2020), sentimen juga tercampur dengan kenaikan teknologi yang mendukung beberapa saham Asia.

Baca juga: Salip Warren Buffett, Pengusaha India Ini Jadi Orang Terkaya Ke-5 di Dunia

Indeks MSCI naik 1,3 persen karena TSMC Taiwan, perusahaan terbesar ketiga di Asia berdasarkan kapitalisasi pasar yang naik hampir 10 persen.

Keuntungan perusahaan pembuat chip itu mendorong saham-saham teknologi lainnya di kawasan. Kenaikan juga muncul setelah saingannya, Intel, memberi isyarat bahwa perusahaan akan berhenti memproduksi komponennya sendiri karena keterlambatan teknologi chip 7 nanometer terbaru.

Baca juga: Mengintip Kekayaan Faida, Bupati Jember yang Dimakzulkan

Halaman:


Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X