DPR Sebut Penempatan Dana PEN di Bank Daerah Selamatkan Ekonomi

Kompas.com - 27/07/2020, 17:31 WIB
ilustrasi rupiah thikstockphotosilustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad mengapresiasi langkah pemerintah menempatkan dana pada bank daerah. Hal itu diyakini dapat menyelamatkan ekonomi di daerah di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Dana tersebut diyakini dapat menggerakkan ekonomi khususnya sektor riil.

"Dana yang gelontorkan sebesar Rp 11,5 triliun dapat nenggerakan sektor riil," ujar Kamrussamad dalam keterangan pers, Senin (27/7/2020).

Baca juga: PT SMI Beri Pinjaman Rp 16,5 Triliun untuk DKI Jakarta dan Jawa Barat

Meski begitu, politisi Gerindra tersebut meminta agar penempatan dana dibarengi dengan bunga rendah. Sehingga dana tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di daerah.

Skema penyaluran pun harus dipermudah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM). Dana tersebut juga harus dimanfaatkan untuk pelaku UMKM baru.

"Akibat pandemi Covid-19 kemiskinan dan pengangguran yang meningkat hingga jutaan orang menjadi warning bagi pemerintah," terangnya.

Terdapat 7 bank yang mendapat penempatan dana. Ketujuh bank tersebut adalah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) senilai Rp 2,5 triliun, PT Bank DKI Jakarta Rp 2 triliun.

Baca juga: BPD Dapat Penempatan Dana Rp 11,5 Triliun dari Pemerintah

Kemudian, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Rp 2 triliun, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM) Rp 2 triliun, dan PT Bank SulutGo Rp 2 triliun. (Abdul Basith Bardan)

 

Berita ini telah ditayangkan di Kontan.co.id dengan judul: Anggota Komisi XI sebut penempatan dana PEN di bank daerah selamatkan ekonomi



Sumber
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X