KILAS

Gunakan Hand Traktor, Petani Aceh Selatan Olah Tanah dengan Cepat

Kompas.com - 27/07/2020, 18:58 WIB
Penggunaan hand tractor untuk mempercepat pengolahan lahan pertanian. DOK. Humas Kementerian PertanianPenggunaan hand tractor untuk mempercepat pengolahan lahan pertanian.

KOMPAS.com - Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy mengatakan, alat mesin pertanian (alsintan) jenis traktor mampu membantu petani mengolah lahan dalam hitungan jam saja.

Alsintan juga mampu meningkatkan produksi, nilai tambah, dan kesejahteraan petani. Dengan cara lama, pengolahan lahan bisa memakan waktu berhari-hari,” kata Sarwo, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Hal itulah yang dirasakan petani di Desa Krueng Bate, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh.

Merela kini telah membajak sawah menggunakan alsintan jenis hand tractor.

Penggunaan hand tractor merupakan upaya percepatan pengolahan lahan sehingga dapat membantu petani mempercepat proses tanam.

Tak hanya petani, penggunaan alsintan tersebut juga dibantu Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cegah Krisis Pangan, Mentan Imbau Petani Lakukan Percepatan Tanam dengan Alsintan

Koptu Supriyadi mengatakan, hal tersebut sebagai bentuk tanggung jawab dan dukungan Babinsa terhadap ketahanan pangan, serta menjadi upaya pendampingan petani di wilayah teritorialnya.

“Dengan terjun langsung membantu petani, setidaknya dapat meringankan beban kerja masyarakat desa binaan,” kata Koptu Supriyadi.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, penggunaan alsintan dalam pertanian sangatlah tepat.

“Peran alsintan dalam pertanian semakin strategis. Dengan mekanisasi, proses pertanian menjadi lebih cepat, serta pengolahan lahan, panen, dan pascapanen lebih efektif,” kata Syahrul, Senin (27/7/2020).

Baca juga: Targetkan Swasembada Pangan, Kementan Salurkan 447.047 Unit Alsintan

Sarwo menambahkan, penggunaan alsintan bukan hanya sebatas proses budidaya dan pascapanen.

Sebab alsintan juga berguna dalam upaya pengembangan proses hasil panen menjadi aneka produk pangan tambahan,

"Alsintan juga memicu transformasi teknologi menuju pertanian yang lebih modern, efektif, dan ramah lingkungan,” kata Sarwo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.