Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Cyrus Network: Responden Ingin Kembali Bekerja Normal Pasca-Covid-19

Kompas.com - 27/07/2020, 19:17 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 74,6 responden yang disurvei oleh Cyrus Network memilih ingin kembali bekerja seperti sedia kala untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya pasca pandemi Covid-19.

Sementara, 21,7 persen memilih untuk membuka usaha mandiri, dan 10,2 persen lainnya memilih bekerja paruh waktu atau serabutan.

Selain itu, 3,5 persen responden memilih melirik sektor digital dan 5,4 persen memilih pilihan lainnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya pasca pandemi Covid-19.

Baca juga: Ada Pegawai Positif Covid-19, Kantor Eximbank Tutup 14 Hari

“74,6 persen menjawab tetap bekerja seperti semula. Artinya disamping responden merasa jenuh berada di rumah terus, bisa jadi juga ini karena faktor ekonomi atau untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari,” ujar CEO Cyrus Network Eko Dafid Afianto, Senin (27/7/2020).

Dalam survei ini juga disebutkan bahwa 65,8 persen responden menilai bantuan dari pemerintah bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19 belum mencukupi untuk bertahan selama pandemi Covid-19.

Sementara itu, hanya 31,8 persen responden yang menjawab bantuan itu cukup dan 2,4 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

“Kenapa tadi hanya 31,8 persen yang menganggap bantuan dari pemerintah cukup, memang untuk hidup sepertinya mending bekerja sendiri daripada menunggu bantuan dari pemerintah,” kata Eko.

Kemudian, 77,5 persen responden menyebutkan kegiatan mereka selama pandemi Covid-19, yakni memilih berkegiatan dengan keluarganya atau family time.

Hanya 48,4 persen yang mengaku memanfaatkan waktu di rumah saat pandemi Covid-19 untuk bekerja atau belajar dari rumah. Lalu, 10,1 persen responden memilih jawaban melakukan silaturahmi online, 3,8 persen belanja online dan 10,8 persen memilih jawaban lainnya.

“Ini sekali lagi responden bisa menjawab dan lebih memilih lebih dari satu jawaban,” ucap dia

Survei tersebut dilaksanakan pada 16-20 Juli 2020 dengan menggunakan metode two stage sampling.

Respondennya terdiri atas laki-laki dan perempuan berusia minimal 17 tahun dengan perbandingan 50:50 persen.

Jumlah respondennya mencapai 1.230 orang yang tersebar di 123 desa di 34 provinsi dengan proporsi tinggal wilayah desa dan kota sebesar 51:49 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com