Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indofarma Segera Luncurkan Rapid Test Buatan Sendiri

Kompas.com - 28/07/2020, 06:08 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indofarma Tbk (INAF) akan memproduksi sendiri alat rapid test diagnostics Covid-19.

Direktur Utama Indofarma, Arief Pramuhanto mengatakan, pihaknya akan meluncurkan produk rapid test tahun ini.

"Insya Allah akhir Agustus atau awal September 2020 sudah mulai produksi dengan kapasitas produksi dua shift sekitar 300.000 pcs per bulannya," jelasnya dalam acara webinar 102 tahun Indofarma untuk Indonesia secara virtual, Senin (27/7/2020).

Baca juga: Mulai Hari Ini, PT KAI Sediakan Layanan Rapid Test di 12 Stasiun Seharga Rp 85.000

Hingga saat ini Arief mengakui Indofarma masih mengimpor rapid test. Sebelumnya, INAF bekerjasama dengan produsen asal China dan korea untuk mendatangkan rapid test dan PCR.

Arief menyebutkan, nantinya pihaknya akan memproduksi sendiri alat rapid test sehingga tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) alat tersebut akan tinggi.

Selain memproduksi rapid test, INAF juga berencana memproduksi salah satu bahan baku kain untuk masker yakni melt blown fabric yang saat ini 95 persen masih diimpor.

"Jadi masker 3ply yang selama ini digunakan, bagian tengahnya yakni kain melt blown masih diimpor. Maka dari itu kami akan membuat pabrik melt blown untuk memasok pabrik masker yang di Indonesia," kata Arief.

Baca juga: Kata Luhut, Rapid Test Buatan Lokal Cukup Bayar Rp 75.000

Di sisi lain, Arief mengatakan dengan upaya tersebut INAF bisa mendukung kemandirian farmasi dengan mengurangi ketergantungan impor.

Asal tahu saja, saat ini Indofarma sudah memproduksi 4 juta pcs masker medis perbulan dan akan ditingkatkan menjadi 10 juta pcs perbulan di awal September dan Oktober 2020. Hal ini dilakukan agar Indofarma bisa mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia. (Arfyana Citra Rahayu)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Indofarma (INAF) targetkan awal September bisa produksi rapid test

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com