Rupiah Pagi Menguat ke Kisaran Rp 14.400 Per Dollar AS, IHSG Lanjutkan Kenaikan

Kompas.com - 28/07/2020, 09:31 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Selasa (28/7/2020) kembali menguat.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.10 WIB rupiah berada pada level Rp 14.455 per dollar AS atau menguat 80 poin (0,55 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.535 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, rupiah mendapat dukungan dari penguatan indeks saham asia yang dibuka positif. Hal ini menjadi pendorong pergerakan mata uang di emerging market.

Rupiah berpotensi mengauat, (terdorong) aset berisiko di pasar keuangan yang juga menguat seperti indeks saham Asia, mata uang utama dunia dan emerging market,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Akuisisi Rabobank, BCA Minta Restu Pemegang Saham Kamis Ini

Di sisi lain, sentimen positif muncul dari tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun terlihat naik kembali ke area 0,61 persen, setelah sebelumnya bergerak di bawah 0,6 persen, yang mengindikasikan pasar kembali masuk ke aset berisiko.

“Penguatan aset berisiko ini didukung oleh faktor rencana stimulus fiskal AS senilai 1 triliun dollar AS untuk membantu perekonomian AS yang tertekan karena pandemi,” jelas Ariston.

Laporan kemajuan vaksin Moderna dan Pfizer yang diperkirakan bisa digunakan di akhir tahun juga menjadi pendorong penguatan aset berisiko termasuk rupiah.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada level Rp 14.450 per dollar AS sampai dengan Rp 14.600 per dollar AS.

Baca juga: Awal Pekan, Rupiah Ditutup Menguat

IHSG melaju

Sementara itu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga melaju pada awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Selasa (28/7/2020).

Melansir data RTI, pukul 09.08 WIB, IHSG berada pada level 5.122,5 atau naik 5,83 poin (0,11 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 5.116,66.

Sebanyak 189 saham melaju di zona hijau dan 96 saham di zona merah. Sedangkan 117 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 721,9 miliar dengan volume 1,11 miliar saham.

Sementara bursa saham regional pagi ini dibuka positif. Seperti indeks Hang Seng Hong Kong yang naik 0,62 persen, indeks Komposit Shanghai menguat 0,5 persen, indeks Strait Times bertambah 0,73 persen, dan indeks Nikkei Tokyo meningkat 0,34 persen.

Baca juga: IHSG Diprediksi Lanjutkan Kenaikan, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X