Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Pastikan Tidak Ada Larangan Mudik Idul Adha

Kompas.com - 29/07/2020, 05:44 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah fokus melakukan sejumlah antisipasi menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H, yang jatuh pada Jumat (31/7/2020).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan bahwa tidak ada kebijakan pelarangan mudik seperti pada Idul Fitri tahun ini.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang ataupun lonjakan lalu lintas kendaraan, Budi menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk melakukan pemantauan di berbagai titik.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, 15,9 Ton Kopi Kerinci Diekspor ke Belgia

Kemenhub disebut telah mempersiapkan personel, serta berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti kepolisian dan Dinas Perhubungan di daerah, untuk meningkatkan pengawasan di lapangan serta dengan para operator transportasi.

“Kami telah lakukan antisipasi di simpul-simpul transportasi, di jalan-jalan nasional dan tol, dan di daerah wisata yang diprediksi akan terjadi peningkatan arus kendaraan karena long weekend mulai Jumat, Sabtu, dan Minggu,” ujar Budi dalam keterangan tertulis, dikutip pada Rabu (29/7/2020).

Selain itu, Kemenhub telah meminta kepada semua operator transportasi untuk bersama-sama menciptakan transportasi yang aman dan produktif.

Lebih lanjut, Budi berkomitmen untuk menyediakan transportasi publik yang aman dan sehat guna mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: Peraturan Terbaru, Guru dan Dosen dapat Jatah Cuti Tahunan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com