Traveloka Dapat Suntikan Modal Rp 3,6 Triliun, Dananya buat Apa?

Kompas.com - 29/07/2020, 13:46 WIB
Ilustrasi Traveloka Office techinasia.comIlustrasi Traveloka Office

JAKARTA, KOMPAS.com - Unicorn asal Indonesia Traveloka menerima suntikan dana sebesar 250 juta dollar AS atau setara sekira Rp 3,6 triliun (kurs Rp 14.600 per dollar AS) dari institusi keuangan global serta dari investor-investor lainnya.

Investasi ini diharapkan dapat memperkuat neraca keuangan Traveloka dan memperdalam penawaran untuk sejumlah lini produk yang diprioritaskan.

“Tidak dapat dimungkiri bahwa Traveloka sangat terpengaruh dengan pandemi Covid-19. Bisnis kami berada di titik terendah yang belum pernah terjadi sejak kami pertama kali berdiri,” ujar co-founder dan CEO Traveloka Ferry Unardi melalui keterangan tertulis, Rabu (29/7/2020).

Baca juga: Airy Room Gulung Tikar, Apa Kata Traveloka?

Ferry mengatakan, Traveloka menerapkan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk optimalisasi bisnis dengan melakukan penghematan serta kembali berfokus untuk menyiapkan strategi dalam menyambut era adaptasi kebiasaan baru (new normal).

Berbagai inisiatif yang inovatif diluncurkan untuk memenuhi perubahan kebutuhan konsumen, seperti layanan tes Covid-19 yang digabungkan dengan tiket pesawat, pemesanan voucer hotel dengan periode inap yang fleksibel melalui Buy Now Stay Later.

Program Online Xperience yang menampilkan host ternama, program livestream Traveloka LIVEstyle Flash Sale, serta kampanye Traveloka Clean yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pemesanan melalui Traveloka dengan lebih tenang dan aman.

“Saya senang dapat menyampaikan bahwa dari sisi bisnis, kami melihat pemulihan secara bertahap di seluruh pasar utama kami. Bisnis Traveloka di Vietnam telah mulai stabil dan mendekati periode sebelum adanya Covid-19. Sementara bisnis kami di Thailand kini hampir melampaui 50 persen dibandingkan situasi normal," ujarnya.

Baca juga: Gara-cara Corona, Traveloka PHK 100 Karyawan?

Ferry menambahkan, kendati Indonesia dan Malaysia masih berada di tahap awal pemulihan, kedua pasar ini terus memperlihatkan momentum yang menjanjikan dengan kemajuan dari minggu ke minggu.

Terutama untuk lini bisnis akomodasi dengan kemunculan tren berlibur jarak dekat atau staycation.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X