Pemegang Saham BCA Setuju Akuisisi Rabobank

Kompas.com - 30/07/2020, 18:16 WIB
Manara BCA dok BCAManara BCA

JAKARTA, KOMPAS.com - Para pemegang saham PT Bank Central Asia Tbk menyetujui akuisisi PT Bank Rabobank International Indonesia dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) hari ini, Kamis (30/7/2020).

Nantinya BCA dan entitas anak, yakni PT BCA Finance berencana membeli masing-masing 3.719.069 dan 1 lembar saham dari para pemegang saham Rabobank.

"Hal ini mewakili 100 persen dari total saham yang telah ditempatkan dan disetor pada Rabobank," tulis BCA dalam keterangan resmi, Kamis (30/7/2020).

Baca juga: BCA Rogoh Rp 500 Miliar untuk Akuisisi Rabobank

Adapun total nilai rencana akuisisi akan mengacu kepada premium yang bersifat tetap sebesar 20,5 juta dollar AS ditambah dengan satu kali adjusted book value pada saat penyelesaian (closing) yang diperkirakan rampung pada September 2020.

Perseroan menyatakan, rencana akuisisi Rabobank ini tidak memberikan dampak material pada permodalan perseroan.

Kebutuhan pendanaan untuk rencana akuisisi telah dipersiapkan dari modal sendiri.

Setelah memperoleh persetujuan dari RUPSLB, selanjutnya BCA akan mengajukan permohonan izin-izin terkait rencana akuisisi Rabobank kepada Otoritas Jasa Keuangan.

"Diperkirakan proses akuisisi akan selesai pada kuartal III 2020," tulis BCA.

Baca juga: Akuisisi Rabobank, BCA Minta Restu Pemegang Saham Kamis Ini

Sebelumnya diberitakan, BCA berencana mengakuisisi PT Bank Rabobank International Indonesia dengan nilai akuisisi sementara Rp 500 miliar. Angka itu merupakan nilai keseluruhan, sudah termasuk premium 20,5 juta dollar AS.

Adapun nilai akuisisi final akan mengacu kepada nilai ekuitas Rabobank yang telah disesuaikan (adjusted equity) lalu ditambah premium yang bersifat tetap sebesar 20,5 juta dollar AS.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X