Penumpang KA Jarak Jauh Naik 2 Kali Lipat, KAI Pastikan Protokol Covid 19 Berjalan

Kompas.com - 31/07/2020, 13:26 WIB
Situasi kereta api DOKUMENTASI HUMAS KAISituasi kereta api

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI mencatat jumlah penumpang KA jarak jauh pada 11 KA yang dioperasikan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada Kamis (30/7/2020) mencapai 3.958 penumpang.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan jumlah tersebut mengisi sekitar 90 persen dari ketersediaan tempat duduk sebanyak 4.385.

"Jumlah ketersediaan tempat duduk tersebut merupakan kuota yang telah dibatasi 70 persen dari total kapasitas normal. Pembatasan ini dilakukan untuk penjagaan jarak di dalam rangkaian kereta," ujarnya mengutip dari keterangan pers, Jumat (31/7/2020).

Baca juga: KAI Beri Diskon Tiket Kereta Sampai 25 Persen, Ini Harga dan Rutenya

Selain itu Eva juga mengatakan pemberangkatan jumlah penumpang kali ini telah meningkat sekitar 2 kali lipat jika dibandingkan pada akhir pekan minggu lalu. KAI memastikan protokol pencegahan Covid-telah berjalan dengan baik yang di lakukan di Stasiun dan Rangkaian kereta.

Pada pengoperasian KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta, aturan suhu tubuh normal dan memiliki berkas hasil Rapid atau PCR test yang berlaku 14 hari, menjadi salah satu persyaratan wajib bagi calon penumpang.

Jika salah satu persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi maka calon penumpang tidak dapat melanjutkan perjalanan dan biaya tiket akan langsung diganti 100 persen melalui bantuan petugas.

"Kami juga menghimbau agar seluruh pengguna jasa tetap menjalankan upaya pencegahan Covid-19 melalui penggunaan baju lengan panjang, penjagaan jarak fisik dan menggunakan fasilitas untuk membersihkan tangan yang telah tersedia di stasiun dan di dalam rangkaian kereta," jelas dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X