Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Sapi Termahal yang Dibeli Presiden Jokowi untuk Kurban

Kompas.com - 01/08/2020, 10:34 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi rutinitas setiap tahun, Presiden Joko Widodo (Jokowi), selalu membeli sapi untuk dijadikan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha. Sapi yang dibeli orang nomor satu di Indonesia biasanya memiliki bobot yang besar.

Sapi-sapi tersebut dibeli oleh Sekretariat Istana Kepresidenan untuk kemudian disumbangkan ke masyarakt lewat pantia-panitia penyembelihan hewan kurban di berbagai daerah di Indonesia.

Selain aspek bobot, sapi yang dibeli Presiden sudah melalui seleksi yang cukup ketat antara lain kesehatan yang diperiksa oleh dinas peternakan setempat.

Berikut deretan sapi termahal yang dibeli Presiden Jokowi untuk kurban di Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Baca juga: Penjualan Sapi Seret Jelang Idul Adha

1. Sapi Rp 130 juta untuk warga NTB

Presiden Jokowi menyumbangkan sapi kurban untuk masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat berupa sapi jenis simental ini dengan memiliki berat 1 ton lebih, dan merupakan sapi kurban Jokowi terbesar se-Indonesia.

"Berat sapi Pak Presiden itu 1,3 ton ya, itu terberat se-Indonesia," kata Sekretaris Dinas Peternakan NTB Iskandar, saat dikonfirmasi.

Adapun sapi tersebut dibeli oleh Jokowi dari Herman warga Desa Sukamulia, Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur, seharga Rp 130 juta.

Iskandar mengatakan, sapi tersebut telah melalui proses seleksi dan pemeriksaan kesehatan oleh Balai Besar Veteriner (BBVET) Denpasar dengan hasil pemeriksaan sapi tersebut dalam keadaan sehat.

Baca juga: Mengintip Besaran Gaji Take Home Pay PNS Bea Cukai

"Sapi tersebut dalam keadaan sehat setelah kami ambil sampel darahnya kemudian dikirimkan ke BBAVET diperiksa dan hasilnya sapi itu sehat," kata Iskandar.

2. Sapi Rp 90 juta untuk warga Yogyakarta

Di Idul Adha tahun ini, Jokowi membeli sapi seberat 1 ton dari seorang peternak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Joko Waluyo, mengatakan sapi yang dibeli Jokowi dari peternak dihargai Rp 90 juta.

"Jadi sapi yang dicari di DIY kemarin ada lima titik, Bantul tiga dan Sleman dua, yang lolos seleksi dari yang Sedayu. Harga sapi sebesar Rp 90 juta dengan berat badan kurang lebih satu ton," kata Joko dikutip dari Antara.

Menurut dia, tiga sapi milik peternak di Bantul yang diseleksi itu berada di Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kecamatan Pajangan, dan Desa Wonokromo, Kecamatan Pleret.

Baca juga: Berapa Harga Sapi 1 Ton yang Dibeli Jokowi untuk Kurban?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com