UEA Jadi Negara Arab Pertama yang Operasikan Pembangkit Nuklir

Kompas.com - 02/08/2020, 12:15 WIB
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Rooppur di Bangladesh. The Hoffman AgencyPembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Rooppur di Bangladesh.

JAKARTA, KOMPAS.com - Uni Emirat Arab ( UEA) resmi jadi negara Arab pertama yang mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir ( PLTN). Pada Sabtu lalu (1/2/2020), negara kaya minyak ini secara resmi mengoperasikan PLTN Barakah yang memiliki arti "Berkah" dalam Bahasa Arab.

Sejauh ini baru dua negara di Timur Tengah yang memiliki PLTN, yakni Israel dan Iran. Namun kedua negara tersebut tak masuk sebagai negara Arab.

Dilansir dari BBC, Minggu (2/8/2020), PLTN pertama tersebut berlokasi di kawasan Al Dhafrah, Abu Dhabi, tak jauh dari perbatasan Qatar. Pembangkit tersebut didanai para investor minyak di negara tersebut.

Proses fisi nuklir baru bisa dilakukan di salah satu dari empat reaktor yang dibangun menggunakan teknologi dari Korea Selatan.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi Minus Dua Kuartal Berturut, Jerman Masuk Resesi

Jika keempat reaktor tersebut beroperasi, listrik yang dihasilkan mencapai 5,6 gigawatt atau bisa memasol sekitar 25 persen kebutuhan listrik nasional.

Awalnya, PLTN ini direncanakan bisa mulai beroperasi pada tahun 2017, namun kemudian tertunda karena kekhawatiran terkait keselamatan.

UEA yang merupakan negara kaya minyak ini mulai melirik nuklir sebagai sumber energinya untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil. Selain nuklir, negara ini juga berinvestasi cukup besar untuk mengganti minyak mereka dengan energi tata surya.

PDB UEA masih sangat bergantung pada minyak dan gas. Di tahun 2019 lalu, UEA mengekspor minyak mentah senilai 50 miliar dollar AS ke berbagai negara.

Baca juga: Disinggung Luhut Jadi Incaran Dunia, Apa Itu Rare Earth?

Pemerintah UEA berpendapat, di masa depan energi terbarukan seperti nuklir dan matahari bisa jauh lebih murah. Selain itu, sumber energi terbarukan juga relatif aman dari gejolak politik dan terorisme, di mana harga minyak cenderung sangat fluktuatif saat situasi global bergejolak.

UEA memang jadi salah satu negara di Arab yang berinvestasi besar-besaran di sektor energi terbarukan. Negara ini juga baru saja meluncurkan misi roket ke Mars.

Halaman:


Sumber BBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X