Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Saham, Kinerja Investor Perempuan Lebih Baik daripada Pria?

Kompas.com - 03/08/2020, 09:04 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Gender, ternyata mempengaruhi cara dan prilaku seseorang saat berinvestasi saham. Mengingat investasi saham dahulu kala didominasi oleh kaum pria, nyatanya saat ini wanita tidak kalah hebat dari pria ketika menjadi investor saham.

Head of Marketing IPOT dari PT Indo Premier Sekuritas Paramita Sari mengatakan, investasi saham yang sifatnya berisiko tinggi kini mulai dilirik kaum hawa.

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menunjukkan per akhir Maret 2019 lalu saja jumlah investor perempuan di Indonesia telah mencapai 40 persen dari total investor pasar modal.

Baca juga: 7 Istilah Pasar Saham Paling Dasar yang Perlu Diketahui (2)

Jumlah tersebut meningkat signifikan dibandingkan dengan angka sebelumnya yang memperlihatkan jumlah investor laki-laki di angka 70 persen dibanding investor perempuan yang baru di angka 30 persen dari total investor pasar modal.

Kemudian pada akhir tahun (data per 27 Desember 2019) yang diperoleh dari KSEI menunjukkan porsi pria investor pasar modal, 59,41 persen dan jumlah investor perempuannya naik menjadi 40,59 persen.

“Meski jumlah investor laki-laki hingga kini masih lebih banyak dibanding investor perempuan, namun investasi kaum hawa lebih baik dibanding kaum adam. Rata-rata nilai kinerja investor perempuan 0,4 persen lebih baik dibanding laki-laki,” kata Paramita kepada Kompas.com, Minggu (2/8/2020).

Lalu, apa yang membuat kinerja investor wanita lebih baik daripada pria?

Baca juga: Tips Mengelola Uang untuk Single Parents di Era New normal

Wanita lebih sabar, pria cenderung agresif

Paramita menjelaskan, investor perempuan pada dasarnya mempunyai sifat lebih sabar dibanding investor pria yang cenderung agresif.

Wanita pada umumnya selektif dengan segala hal yang memiliki risiko, berbeda dengan pria yang cenderung pede dalam mengambil risiko. Hal ini membuat wanita penuh pertimbangan untuk berinvestasi secara berlebihan, tampa pemikiran yang matang.

“Tidak heran, transaksi jual-beli saham perempuan lebih sedikit dibanding laki-laki. Kesabaran pada perempuan pada dasarnya menandakan pertimbangan matang dibanding laki-laki,” jelas dia.

Baca juga: 4 Langkah Cerdas Atasi Masalah Keuangan di Tengah Virus Corona

Wanita lebih disiplin, pria mudah terpengaruh

Wanite cenderung memiliki sifat disiplin ketika berinvestasi jangka panjang. Maka itu, perempuan cenderung lebih membeli dan menahan investasi yang ia miliki.

Berbeda dengan pria yang cenderung gampang tergoda dan terpengaruh mengenai investasi jangka panjang, dan mudah merubah orientasi dari investasi jangka panjang ke investasi jangka pendek.

“Tidak heran, investor perempuan cenderung konservatif dan wajar kiranya jika ada data yang menunjukkan kalau investor laki-laki banyak bertransaksi saham 45 persen lebih banyak dibanding perempuan,” jelas dia.

Baca juga: Simak, 3 Tips Aman Terhindar dari Penipuan Investasi Saham

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com