BPS: NTP Naik 0,49 Persen pada Juli 2020, Indikasi yang Bagus

Kompas.com - 03/08/2020, 15:30 WIB
Ilustrasi petani SHUTTERSTOCK.com/FENLIOQIlustrasi petani
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai tukar petani (NTP) mengalami peningkatan 0,49 persen pada Juli 2020 menjadi 100,09.

Kenaikan NTP disebabkan Indeks Harga yang diterima petani naik sebesar 0,47 persen, sementara indeks harga yang dibayar petani turun 0,02 persen.

"NTP Juni meningkat 0,49 persen secara bulanan, ini merupakan indikasi yang bagus," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi video, Senin (3/8/2020).

Baca juga: Ada Pandemi, Pesanan Kereta Api INKA dari Luar Negeri Terus Melaju

Menurut subsektor, NTP mengalami kenaikan kecuali untuk sektor tanaman pangan dan holtikultura. NTP subsektor Tanaman Pangan turun 0,25 persen dari 100,42 menjadi 100,17.

Penurunan terjadi karena indeks harga yang diterima petani menurun, indeks harga yang dibayar petani menurun, namun penurunan harga indeks yang diterima petani jauh lebih tajam.

"Penyebabnya adalah penurunan harga gabah, harga jagung, dan beberapa komoditas tanaman pangan seperti kacang tanah dan kacang hijau," ungkap pria kelahiran Blitar ini.

Baca juga: Demo di DPR, Buruh Pertanyakan Dikebutnya Pembahasan Omnibus Law

Hal yang sama juga terjadi di subsektor Holtikultura. Subsektor Holtikultura menurun tajam 0,74 persen sehingga NTP berada di bawah 100, tepatnya 99,77.

"Penyebabnya karena ada penurunan harga bawang merah, wortel, buah-buahan seperti nanas, dan beberapa komoditas lainnya," tutur Suhariyanto.

Sama seperti NTP, Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) naik 0,28 persen menjadi 100,53 dibanding bulan sebelumnya. Semua sektor seperti Tanaman perkebunan rakyat dan peternakan mengalami kenaikan, kecuali untuk tanaman pangan dan holtikultura.

Baca juga: Kunjungan Wisman Anjlok 88,82 Persen pada Juni 2020



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X