Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Pekan, Rupiah Ditutup Melemah

Kompas.com - 03/08/2020, 16:47 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot melemah.

Mengutip data Bloomberg Senin (3/8/2020) rupiah ditutup pada level Rp 14.630 per dollar AS atau melemah 30 poin (0,21 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.600 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pelemahan rupiah sore ini terdorong oleh ramainya sentimen negatif baik dari domestik dan internasional.

 

Baca juga: Simak Kurs Rupiah Hari Ini di 5 Bank

Dari domestik, perpanjangan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Transisi selama 2 pekan di DKI Jakarta kedepan berakibat pada perlambatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Akibat PSBB transisi yang di perpanjang, berakibat fatal terhadap pertumbuhan ekonomi (PDB) kuartal ketiga yang berpotensi mengalami penurunan atau kontraksi sehingga Indonesia bisa masuk dalam fase resesi apabila di kuartal II dan III terjadi kontraksi,” kata Ibrahim.

Namun untuk menghindari resesi tersebut Ibrahim mengimabu agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa mengambil langkah memastikan perekonomian tetap berjalan normal. Dengan begitu, masih ada harapan pada laju pertumbuhan di sisa bulan di kuartal III.

Di sisi lain, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan dalam menekan laju perkembangan Covid-19, bukan dengan cara menutup diri atau melakukan lockdown. Namun mendisiplinkan masyarakat untuk tetap melakukan protokoler Covid-19 dalam kegiatannya sehari-hari yakni menggunakan masker dan disiplin menjaga jarak.

Adapun sentimen ekternal yang membuat rupiah tertekan antara lain kekhawatiran pasar mengenai prospek ekonomi AS yang melambat setelah rilis PDB pada kuartal kedua yang membawa AS pada jurang resesi.

Sementara itu, meningkatnya tensi antara AS dan China masih menjadi sentimen negatif pasar. Hal ini merembet pada berbagai bidang seperti perdagangan, teknologi, dan geopolitik.

Sekretaris Negara Mike Pompeo mengatakan, Presiden AS Donald Trump bahkan akan mengambil tindakan pada perusahaan perangkat lunak China yang menimbulkan risiko keamanan nasional AS.

“Dalam beberapa hari terakhir, Presiden AS Donald Trump mengancam akan melarang TikTok, aplikasi video populer yang dijalankan oleh ByteDance China,” jelas Ibrahim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com