Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juli 2020, Jumlah Penumpang di 19 Bandara AP II Melonjak 143 Persen

Kompas.com - 04/08/2020, 08:41 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II mencatatkan terjadinya lonjakan penumpang pada Juli 2020 di 19 bandara yang dikelolanya. Bahkan, jika dibandingkan Juni 2020 lalu, peningkatan jumlah penumpang tersebut mencapai 143 persen.

Pada Juli ini, tercatat ada 1,52 juta penumpang di 19 bandara milik AP II itu. Sedangkan pada Juni lalu, tercatat hanya ada 627.576 penumpang.

Sementara itu pergerakan pesawat tercatat 21.431 pergerakan atau naik 65 persen dari sebelumnya 13.020 pergerakan. Volume angkutan kargo juga meningkat 14 persen dari 43,162 juta kilogram menjadi 49,076 juta kilogram.

Baca juga: 11 Bandara AP I Beri Layanan Rapid Test Seharga Rp 150.000, Berikut Daftarnya

Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, jumlah penumpang sepanjang Juli 2020 tercatat 897.559 penumpang atau naik 125 persen dibandingkan dengan Juni 2020 sebanyak 398.223 penumpang, dengan pergerakan pesawat naik 68 persen menjadi 12.270 pergerakan.

Director of Operation and Service PT Angkasa Pura II Muhamad Wasid mengatakan, utilisasi slot time di bandara-bandara perseroan juga semakin meningkat. Pada Juli 2020, utilisasi slot time di bandara-bandara perseroan mencapai sekitar 30 persen, seperti misalnya di Soekarno-Hatta yang mencapai 32 persen.

“Pemulihan lalu lintas penerbangan pada tahun ini di tengah pandemi telah berlangsung sejak pertengahan Juni, sejalan dengan dukungan regulator melalui berbagai kebijakan dan penerapan protokol kesehatan yang ketat di bandara dan pesawat sehingga menjaga kepercayaan masyarakat terhadap sektor penerbangan nasional,” ujar Wasid dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/8/2020).

Wasid memperkirakan, pada Agustus 2020 jumlah penumpang pergerakan pesawat, dan utilisasi slot time penerbangan akan semakin meningkat.

“Sebagai gambaran, pada hari ini Senin 3 Agustus 2020, jumlah penumpang di Soekarno-Hatta mencapai 37.000 penumpang dengan 400 penerbangan, di mana angka ini cukup tinggi untuk awal minggu apalagi setelah adanya long weekend pada 31 Juli – 1 Agustus,” kata Wasid.

PT Angkasa Pura II saat ini mengelola 19 bandara yaitu Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Kualanamu (Deli Serdang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Silangit (Tapanuli Utara).

Lalu, Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang), Supadio (Pontianak), Banyuwangi, Radin Inten II (Lampung), Husein Sastranegara (Bandung), Depati Amir (Pangkalpinang), Sultan Thaha (Jambi), HAS Hanandjoeddin (Belitung), Tjilik Riwut (Palangkaraya) dan Kertajati (Majalengka), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Sultan Iskandar Muda (Aceh) dan Minangkabau (Padang).

Baca juga: AP II Tiadakan Pemeriksaan SIKM di Bandara Soetta dan Halim, Ini yang Masih Dicek

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com