Riset UI: Gojek Sumbang Rp 104,6 Triliun ke Ekonomi RI pada 2019

Kompas.com - 04/08/2020, 13:27 WIB
Agustus nanti, nama Gojek akan digunakan pada seluruh aplikasi Gojek di  empat negara, Indonesia, Singapura, Vietnam, dan Thailand. (Dok. Gojek) Agustus nanti, nama Gojek akan digunakan pada seluruh aplikasi Gojek di empat negara, Indonesia, Singapura, Vietnam, dan Thailand. (Dok. Gojek)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gojek melalui 5 layanannya yaitu GoFood, GoPay, GoSend, GoCar dan GoRide disebut telah berkontribusi sebesar Rp 104,6 triliun pada ekonomi Indonesia pada 2019.

Begitu hasil penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), yang disampaikan Wakil Kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Indonesia Paksi C.K Walandouw.

"Meningkatnya angka ini dibantu oleh kenaikan kontribusi mitra, terutama GoFood, dan perluasan ekosistem yang ada," ujar Paksi saat memaparkan hasil riset LD FEB UI, Senin (3/8/2020).

Baca juga: Lelang Rumah Murah di Bekasi, Mulai Rp 133 Juta

Dia menyebut dengan dihitung menggunakan metode pendapatan domestik bruto (PDB), nilai produksi ekosistem digital Gojek setara dengan 1 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

"Angka tersebut terdiri dari sumbangan langsung dari mitra GoRide dan GoCar di sektor transportasi darat, dan sumbangan tidak langsung dari UMKM, GoFood, GoPay, GoSend, dan efek multiplier yang digerakkan oleh ekosistem Gojek. Sumbangan ini secara relatif besar bila dibandingkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) untuk beberapa Provinsi di Indonesia," kata dia.

Paksi menambahkan keberadaan Gojek menimbulkan efek domino di sektor lainnya. Ia menyebut, dampak multiplier atau kontribusi tidak langsung keberadaan Gojek pada ekonomi Indonesia pada 2019 mencapai Rp 17,5 Triliun.

Angka ini, kata dia, dihitung dari selisih pendapatan UMKM di luar ekosistem Gojek seperti bengkel yang digunakan mitra pengemudi, atau pedagang pasar yang menjual bahan baku ke mitra GoFood sebelum dan setelah Gojek beroperasi di suatu kota.

Baca juga: Kepala BKPM: Dulu Investasi Pilih-pilih, Sekarang yang Penting Masuk

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X