Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Generasi Ini Jadi Penyumbang Terbesar Transaksi E-commerce di RI

Kompas.com - 04/08/2020, 19:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Generasi milenial dan generasi Z menjadi penyumbang tertinggi transaksi e-commerce yakni 85 persen. Begitu hasil riset Kredivo dan Katadata Insight Center (KIC) terkait perilaku konsumen e-commerce Indonesia.

Direktur Riset Katadata Insight Center Mulya Amri mengatakan, ada tiga hal yang paling diburu oleh dua generasi tersebut yakni fashion, travel sampai dengan kebutuhan rumah tangga.

“Milenial masih mendominasi, namun tingkat kepercayaan konsumen pada e-commerce secara lintas generasi terus meningkat. Ini menjadi peluang bagi kelompok umur lainnya, sekaligus meningkatkan inklusi keuangan,” kata Mulya melalui virtual konferensi, Selasa (4/8/2020).

Baca juga: Data Nasabah Kreditplus Bocor, Ini Kata OJK

Mulya mengatakan, 36 persen transaksi e-commerce disumbang oleh konsumen dengan usia 18-25 tahun, 49 persen disumbang oleh kosumen usia 26-35 tahun, 13 persen oleh usia 36-45 tahun, 2 persen oleh usia 46-55 tahun dan 0,2 persen oleh usia di atas 55 tahun.

Berdasarkan riset, produk fashion masih menjadi kategori barang terpopuler dengan komposisi 30 persen dari total transaksi sepanjang 2019.

Namun konsumen tua dan muda punya preferensi berbeda. Konsumen tua cenderung memilih transaksi pada kategori traveling, sementara konsumen muda lebih tertarik untuk bertransaksi pada bidang teknologi seperti, komputer dan aksesorisnya.

Sementara itu dengan bertambahnya usia, maka semakin tinggi pula kebutuhan pembelian produk rumah tangga. Hal ini umumnya dilakukan oleh konsumen dengan usia diatas 25 tahun dengan pendapatan di atas Rp 5 juta.

Di sisi lain, General Manager Kredivo Indonesia Lily Suriani mengatakan, pola adaptasi kebiasaan baru dengan berbagai perubahan perilaku masyarakat menuntut pelaku bisnis terus memahami tren dan perilaku konsumen, baik itu sebelum maupun saat pandemi Ccovid-19.

Baca juga: Imbas Corona, Lebih dari 3,5 Juta Pekerja Kena PHK dan Dirumahkan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com