Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Ingin Tour de Banyuwangi Ijen Dibiayai APBN

Kompas.com - 04/08/2020, 19:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ingin mengusulkan ajang balap sepeda Tour de Banyuwangi Ijen masuk program nasional yang akan didanai oleh negara.

Hal tersebut disampaikan Luhut di postingan akun resmi Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan pada Selasa (4/8/2020).

"Ada satu hal menarik yang disampaikan oleh Bupati Banyuwangi, Mas @azwaranas.a3 yaitu event Tour de Banyuwangi Ijen yang sudah berjalan selama 8 tahun dan beliau sampaikan bahwa dari 36 event yang sama, hanya ada 6 event yang mendapat predikat excellent di Asia, salah satunya adalah Tour de Banyuwangi Ijen yang penyelenggaraannya sama sekali tidak dibantu dana APBN," tulisnya dalam postingan Instagram, Selasa (4/8/2020).

Baca juga: Erick Thohir Sebut Bio Farma Siap Produksi Vaksin Covid-19 250 Juta Dosis Per Tahun

"Saya mencoba ajukan Tour de Ijen sebagai program nasional seperti Tour de Singkarak agar pembiayaannya diperoleh dari APBN," sambung Luhut.

Tak lupa, dia juga mengungkapkan kekagumannya terhadap wisata di Banyuwangi. Diantaranya, ada Taman Nasional Alas Purwo serta Pantai Plengkung yang dipersiapkan menjadi objek penyelenggaraan Liga Selancar Dunia (WSL) pada tahun 2021.

Wisata di Banyuwangi sudah kembali dibuka untuk menerima wisatawan domestik pada 30 Juli 2020.

Luhut yakin, penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional bisa dilakukan bersamaan. Ia mengatakan, bila penanganan Covid-19 tidak bagus, maka ekonomi pun tidak bisa pulih dengan baik.

Baca juga: Motif Komisaris BUMN Rangkap Jabatan: Remunerasi hingga Politik Balas Budi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com