Menanti Data Ekonomi RI, Bagaimana Proyeksi IHSG Hari Ini?

Kompas.com - 05/08/2020, 08:07 WIB
Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018).
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan bergerak menguat terbatas hari ini. Pada penutupan sebelumnya, IHSG ditutup pada zona hijau dengan kenaikan tajam 1,37 persen.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan penguatan terbatas IHSG hari ini terdorong oleh sentimen domestik rilis data pertumbuhan ekonomi atau GDP oleh Badan Pusat Statistik (BPS), yang diproyeksikan akan mengalami koreksi karena pandemi Covid-19.

“Indeks mungkin bisa menguat di awal perdagangan, namun pada sesi kedua mungkin akan melemah (menguat terbatas). Saya khawatir pengumuman GDP siang ini akan berada pada level (minus) 5,1 persen sampai 5,2 persen,” kata Hans kepada Kompas.com, Kamis (5/8/2020).

Baca juga: Diumumkan Siang Ini, RI Bakal Masuk Jurang Resesi?

Menurut Hans, jika GDP Indonesia berada di bawah (minus) -5 persen, maka pasar mungkin tidak akan merespon negatif. Namun, jika GDP diatas -5 persen, maka indeks akan tertekan.

Dari eksternal, data manufaktur Eropa dan laba korporasi perusahaan yang membaik, membawa indeks Eropa bergerak positif.

Sementara di AS, pertemuan Ketua Dewan Perunding Nancy Pelosi, Pemimpin Minoritas Senat Chuck Schumer, Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan kepala staf Gedung Putih Mark Meadows berunding terkait paket stimulus menjadi sentimen positif.

“Diskusi dan terobosan dalam pertemuan tersebut, ditambah laba korporasi menyebabkan pasar AS menguat,” kata dia.

Baca juga: Cerita Pengusaha Tahu Terpukul Corona, sampai Buang Hasil Produksi

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X