Karier Darmin Nasution, Dulu Urus Ekonomi Negara, Kini Masalah Pupuk

Kompas.com - 05/08/2020, 08:54 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution ketika ditemui usai rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Selasa (25/6/2019). MUTIA FAUZIAMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution ketika ditemui usai rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir mengangkat mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjadi Komisaris Utama (Komut) di PT Pupuk Indonesia (Persero).

Darmin diangkat untuk menggantikan posisi Komisaris PT Pupuk Indonesia sebelumnya, Bungaran Saragih yang telah habis masa jabatannya berdasarkan SK Nomor 262/MBU/08/2020.

Sosok Darmin sendiri sudah tak asing lagi. Karier birokrasinya sudah puluhan tahun di bidang ekonomi. Sejumlah jabatan strategis sudah pernah dirasakannya.

Pria kelahiran 21 Desember 1948 di Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara ini pernah menjabat sebagai Dirjen Pajak Kementerian Keuangan periode 2006-2009 atau di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baca juga: Erick Thohir Angkat Darmin Nasution Jadi Komut Pupuk Indonesia

Selepas itu, kariernya terus menanjak. Pada Juli 2009, dia ditunjuk sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia.

Berikutnya, masih di masa pemerintahan SBY, Darmin terpilih sebagai Gubernur Bank Indonesia dengan masa tugas September 2010 - Mei 2013.

Saat rezim berganti, Darmin masuk ke Kabinet Kerja bentukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia dipercaya sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia dari tahun 2015 hingga 2019.

Di periode kedua Presiden Jokowi, posisinya digantikan oleh Airlangga Hartarto dari Partai Golkar. Darmin kemudian sempat beristirahat sejenak.

Baca juga: Mengintip Gaji Pejabat Kemenkeu yang Rangkap Jabatan Komisaris BUMN

Sebelum masuk birokrasi, Darmin adalah seorang akademisi. Dia merupakan senior Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Fakultas Ekonomi UI.

Selepas lulus dari UI, Darmin melanjutkan studinya ke Paris-Sorbonne University, lalu meraih gelar doktor ekonomi (S3) dari universitas yang sama.

Halaman:


Sumber Kompas.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X