Dishub DKI Berencana Gabungkan Gojek dan Grab dalam Satu Aplikasi

Kompas.com - 06/08/2020, 09:48 WIB
Ilustrasi ojek online, tarif baru ojek online ShutterstockIlustrasi ojek online, tarif baru ojek online

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berencana membuat aplikasi khusus transportasi yang melibatkan seluruh moda transportasi. Aplikasi ini turut mencakup layanan transportasi online Grab dan Gojek.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya tengah menggarap sebuah aplikasi super atau Super Apps. Aplikasi ini yang akan mendukung integrasi moda transportasi di Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi).

"Kami akan mendudukkan posisi angkutan daring dalam rencana pengembangan ke depan, istilahnya Super Apps. Di dalamnya juga terdapat Grab dan Gojek, baik kendaraan online roda dua atau empat," ungkapnya dalam webinar SBM ITB, Rabu (5/8/2020).

Baca juga: Ada Pandemi Covid-19, Profesi Driver Ojek Online Masih Diminati

Ia bilang, transportasi online memiliki peranan penting sebagai angkutan pengumpan (feeder) ke moda transportasi massal. Oleh sebab itu, penting untuk melibatkan transportasi online dalam integrasi moda transportasi di Ibu Kota.

"Bicara penggunaan angkutan umum, maka untuk angkutan daring menjadi penting peranannya. Oleh sebba itu, dari prespektif Dishub saat ini kami mencoba mendorong terintegrasinya seluruh layanan angkutan umum massal," kata Syarif.

Syarif menjelaskan, aplikasi super tersebut bukan menjadi pengganti aplikasi Grab dan Gojek yang saat ini sudah ada. Melainkan, hanya sebagai media yang menyediakan perbandingan penggunaan antar moda transportasi, baik online maupun konvensional.

Nantinya, dalam aplikasi super ini masyarakat bisa melihat moda transportasi apa saja yang dapat digunakan untuk menempuh rute perjalanannya. Sekaligus, dapat melihat biaya perjalanan yang kemungkinan akan dikeluarkan saat menggunakan moda transportasi tersebut.

Baca juga: Praktik Monopoli Berakhir Denda Rp 30 Miliar, Grab Ajukan Banding

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X