BI: Keyakinan Konsumen Membaik pada Juli 2020

Kompas.com - 06/08/2020, 12:22 WIB
Ilustrasi konsumen Thinkstockphotos.comIlustrasi konsumen

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia ( BI) melaporkan survei Konsumen Bank Indonesia pada Juli 2020 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap ekonomi membaik, meski masih berada di zona pesimistis atau kurang dari 100.

Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 86,2 pada Juli 2020. IKK meningkat dari 83,8 pada bulan sebelumnya.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko mengatakan, keyakinan konsumen terpantau menguat pada seluruh kelompok usia responden dan hampir seluruh kategori tingkat pengeluaran.

Baca juga: Jadilah Konsumen Pintar, Ini Cara Memanfaatkan Promo di E-commerce

"Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 13 kota survei, dengan kenaikan tertinggi di kota Mataram, Denpasar, dan Pangkal Pinang," kata Onny dalam siaran pers, Kamis (6/8/2020).

Onny menuturkan, menguatnya keyakinan konsumen pada Juli 2020 didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini.

Hal tersebut terefleksi pada perbaikan seluruh komponen pembentuknya, yaitu keyakinan terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan pembelian barang tahan lama.

"Ini seiring dengan kegiatan ekonomi yang kembali meningkat pasca pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai kota di Indonesia," paparnya.

Baca juga: Survei: Ada Pandemi, 60 Persen Konsumen Tunda Transaksi Beli Rumah

Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang terpantau relatif stabil.

"Relatif stabil seiring masih terbatasnya ekspektasi terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja di tengah ekspektasi kegiatan usaha yang membaik," pungkas Onny.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X