Gubernur BI: Ekonomi Syariah Harus Ambil Pelajaran dari Pandemi Covid-19

Kompas.com - 07/08/2020, 12:39 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo DOKUMENTASI BANK INDONESIAGubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, bidang ekonomi dan keuangan syariah harus mengambil pelajaran berharga dari datangnya pandemi Covid-19.

Salah satu pelajaran berharganya adalah memaksimalkan peran teknologi maupun digital di setiap ekosistem dari hulu ke hilir, melalui pengembangan halal value chain (rantai nilai halal).

"Di tengah pandemi, kita tingkatkan dengan sinergi ekonomi keuangan syariah. Bukan menurunkan, tapi memperluas (jangkauan)," kata Perry dalam pembukaan ISEF secara virtual, Jumat (7/8/2020).

Baca juga: Pekerja Upah di Bawah Rp 5 Juta Bakal Terima Dua Kali Subsidi Selama 4 Bulan

Perry menyebut, digitalisasi ekonomi syariah, baik dalam industri jasa keuangan maupun fesyen halal, kosmetika, pariwisata halal, hingga makanan dan minuman perlu ditingkatkan.

Pasalnya peran teknologi di industri 4.0 ini memiliki banyak keuntungan, salah satunya mempercepat akselerasi dan kolaborasi dengan berbagai industri halal. Kolaborasi dengan industri halal yang masif akan menumbuhkan ekonomi syariah yang masif pula.

"Kita tingkatkan ekonomi syariah dengan sinergi dan kolaborasi dengan para mitra nasional maupun internasional. Mari memacu industri keuangan ekonomi syariah secara inklusif, mari perkuat sinergi untuk Indonesia maju," ajak Perry.

Lebih lanjut dia menuturkan, memperkuat ekonomi syariah dengan memaksimalkan peran teknologi merupakan satu dari tiga pelajaran yang bisa diambil dari pandemi Covid-19.

Dia bilang, setidaknya ada 3 pelajaran lain yang bisa diambil dalam menghadapi setiap musibah, termasuk pandemi.

" Pelajaran yang pertama, kita semakin sabar dan tawakal. Kedua adalah optimisme pasti diberikan kemudahan. Dan ketiga, barangkali di tengah musibah, Allah sedang menunjukkan pada kita peradaban," pungkas Perry.

Baca juga: Pemerintah Bakal Gelontorkan Bansos untuk Pedagang Asongan hingga BLT Karyawan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X