Bank Mandiri Turunkan Bunga Kredit, Simak Besarannya

Kompas.com - 08/08/2020, 12:47 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. (Rafapress/SHUTTERSTOCK) Ilustrasi Bank Mandiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyebut telah menurunkan suku bunga kredit sejak akhir tahun lalu. Bank pelat merah itu siap merespons bauran kebijakan moneter dan fiskal ke dalam penurunan suku bunga kredit.

Rully Setiawan, Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri mengatakan, per akhir Juni 2020, Bank Mandiri telah menurunkan suku bunga kredit untuk seluruh segmen di kisaran 5 sampai 25 basis poin (bps) dibanding periode yang sama tahun lalu agar dapat mendukung bisnis sektor riil sebagai salah satu motor penggerak roda perekonomian Indonesia.

"Seiring inisiatif bauran kebijakan moneter dan fiskal serta kebijakan regulator industri keuangan untuk memulihkan ekonomi Indonesia, Bank Mandiri siap merespon positif dengan terus melanjutkan laju penurunan suku bunga kredit secara berhati-hati serta memperhatikan kondisi likuiditas dan faktor-faktor fundamental lainnya," kata Rully kepada Kontan.co.id, Jumat (7/8/2020). 

Baca juga: Suku Bunga BI Terus Turun, Bagaimana Bunga Kredit di Bank?

Sebelumnya, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, bunga kredit korporasi selayaknya sudah bisa ditekan ke level sekitar 7 persen dengan adanya penjaminan kredit modal kerja dari pemerintah dan ditambah dengan biaya dana semakin murah seiring dengan langkah penurunan suku bunga acuan dari BI.

"Kita perlu sama-sama hitung, agar perbankan memberikan bunga yang lebih murah karena permintaan tambahan kredit modal kerja dari korporasi masih cukup besar setelah melakukan restrukturisasi kredit," kata Wimboh, Rabu (29/7/2020).

Bank Indonesia (BI) rajin memangkas suku bunga sejak paruh kedua 2019.

Tahun ini saja, bank sentral sudah empat kali menurunkan bunga acuannya dengan total 100 basis poin (bps) ke level 4 persen guna menggerakkan roda ekonomi yang terpukul akibat pandemi Covid-19.

Terakhir, penurunan bunga dilakukan pada pertengahan Juli sebesar 25 bps. Sehingga terhitung sejak Juli 2019 hingga Juli 2020, bunga acuan BI sudah terpangkas 200 bps.

Baca juga: Gubernur BI Desak Perbankan Segera Turunkan Suku Bunga Kredit

Namun, penurunan itu tidak berdampak signifikan pada penurunan bunga kredit.

Belakangan, pemerintah banyak menggelontor stimulus lewat pembiayaan perbankan guna mempercepat pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19.

Selain memberikan penempatan dana di Bank Himbara Rp 30 triliun dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Rp 11,5 triliun, pemerintah juga melakukan penjamin kredit modal kerja bagi segmen UMKM dan juga korporasi padat modal.

Menanggapi itu, Rully menjelaskan penetapkan bunga kredit korporasi dipengaruhi banyak faktor sehingga tidak serta merta sama antara satu debitur dengan debitur lain.

Faktor itu di antaranya tingkat risiko debitur penerima, suku bunga acuan serta jenis kredit yang diberikan apakah dalam bentuk rupiah atau mata uang asing. (Dina Mirayanti Hutauruk)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Bank Mandiri turunkan bunga kredit, simak besarannya



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X