[POPULER MONEY] Rincian Besaran Gaji Ke-13 | Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4

Kompas.com - 09/08/2020, 07:46 WIB
Ilustrasi gaji, rupiah, bantuan pemerintah, bantuan karyawan ShutterstockIlustrasi gaji, rupiah, bantuan pemerintah, bantuan karyawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 mengenai Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan, atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020 pada Jumat (7/8/2020).

Artikel tersebut menjadi berita terpopuler di kanal Money Kompas.com pada Sabtu (8/8/2020). Selain itu beberapa berita juga masuk daftar 5 berita terpopuler. Apa saja? berikut daftarnya:

1.  Jokowi Teken Aturan Gaji Ke-13, Berikut Rincian Besarannya

Di dalam Pasal 5 ayat (1) (PP) Nomor 44 Tahun 2020 dijelaskan, besaran gaji ke-13 akan diberikan paling banyak sebesar penghasilan PNS yang bersangkutan pada bulan Juli. Baca juga: Aturan Resmi Terbit, Gaji Ke-13 PNS Segera Cair.

Baca juga: Diincar Gibran Rakabuming, Berapa Gaji Wali Kota Solo?

"Dalam hal penghasilan pada bulan Juli sebagaimana dimaksud pada ayat (1) belum dibayarkan sebesar penghasilan yang seharusnya diterima karena berubahnya penghasilan, kepada yang bersangkutan tetap diberikan selisih kekurangan gaji, pensiun, tunjangan, atau penghasilan ketiga belas," jelas beleid tersebut seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (8/8/2020).

Lantas berapa rincian maksimal gaji ke-13 yang akan diterima? Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Dibuka Hari Ini, Berikut Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4

Pemerintah hari ini membuka pendaftaran program Kartu Prakerja pada Sabtu (8/8/2020). Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Sesmenko) Susiwijono Moegiharso menjelaskan, pembukaan pendaftaran peserta Kartu Prakerja gelombang IV dilakukan pada pukul 12.00 WIB dengan kuota sebanyak 800.000 peserta.

Baca juga: Topang Ekonomi, Literasi Keuangan untuk UMKM dan Pengusaha Perempuan Penting

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, besaran nilai insentif yang akan diberikan masih sama dengan yang ditetapkan pada gelombang-gelombang selanjutnya, yakni sebesar Rp 3,55 juta.

Bagaimana cara mendaftar Kartu Prakerja gelombang 4? simak berita selengkapnya di sini.

3. Ingat, Cuma Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang Dapat Subsidi Gaji Rp 600.000

Pemerintah akan menjalankan program subsidi gaji bagi pekerja dengan upah di bawah Rp 5 juta. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah berharap, program yang akan berjalan September ini mampu menjaga daya beli dan kesejahteraan pekerja.

Data ini berasal dari BPJS Ketenagakerjaan yang akan terus divalidasi untuk memastikan tepat sasaran dan meminimalkan terjadinya duplikasi.

Baca berita selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X