IHSG Pagi Dibuka Hijau, Rupiah Merah

Kompas.com - 10/08/2020, 09:35 WIB
Ilustrasi : Bursa Efek Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi : Bursa Efek Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) dibuka pada zona hijau di awal perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) Senin (10/8/2020). Namun, berbeda dengan mata uang garuda yang dibuka melemah.

Melansir data RTI, pukul 09.08 WIB, IHSG berada pada level 5.150,85 atau naik 6,96 poin (0,14 persen) dibanding penutupan sebelumnya pada level 5.143,89.

Sebanyak 190 saham melaju di zona hijau dan 93 saham di zona merah. Sedangkan 136 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi hingga saat ini mencapai Rp 539,87 miliar dengan volume 725,39 juta saham.

Baca juga: 7 Istilah Pasar Saham Paling Dasar yang Perlu Diketahui (3)

Sementara itu, mengutip data Bloomberg pukul 09.07 WIB rupiah berada pada level Rp 14.660 per dollar AS atau melemah 35 poin (0,24 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.625 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, pelemahan rupiah hari ini terdorong sentimen negatif ketegangan antara dua negara ekonomi terbesar dunia AS dan China.

“Rupiah berpotensi melemah hari ini dengan kekhawatiran pasar yang berlanjut dari akhir pekan kemarin seperti kisruh hubungan AS dan China, deadlock paket stimulus kedua AS dan penyebaran virus Covid-19 yang masih terus meningkat,” kata Ariston.

Namun di sisi lain, Ariston mengatakan data tenaga kerja AS yang lebih bagus dari ekspektasi pasar seperti data Non Farm Payrolls dan data tingkat pengangguran yang dirilis Jumat malam bisa membantu penguatan Rupiah

“Data yang bagus ini mengindikasikan pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung,” jelas dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.550 per dollar AS sampai dengan Rp 14.700 per dollar AS.

Baca juga: IHSG dan Rupiah Kompak Ditutup Negatif di Akhir Pekan



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X